Kamis 13 Agustus 2020, 06:10 WIB

GSI Lab Mampu Tes PCR Berkapasitas Besar

Aiw/H-3 | Humaniora
GSI Lab Mampu Tes PCR Berkapasitas Besar

MI/Dwi Apriani
Alat tes polymerase chain reaction (PCR).

 

JUMLAH tes polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan di Indonesia masih relatif rendah, padahal alat tes ini menjadi standar pemeriksaan covid-19 karena dapat mendeteksi materi genetik virus. Penyebabnya, antara lain ialah keterbatasan fasilitas laboratorium. Oleh karena itu, Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) meluncurkan laboratorium tes PCR berkapasitas besar pertama di Indonesia.

“GSI Lab hadir untuk meningkatkan kapasitas testing di Indonesia dan mendukung program-program pemerintah dalam menangani covid-19 dan juga tentunya dalam memulihkan ekonomi nasional,” kata Direktur Utama GSI Lab Nino Susanto dalam konferensi pers, kemarin. GSI Lab disebut mampu melakukan tes PCR dengan kapasitas hingga 5 ribu tes per hari.

“GSI Lab dibangun dengan standar yang baik, yakni memenuhi biosafety level (BSL) 2 yang sesuai dengan ketentuan WHO dan Kementerian Kesehatan, disupervisi oleh dewan ilmiah, dan memiliki SDM yang berkompeten di bidang genomika,” jelas Nino.

GSI Lab juga meluncurkan #SwabAndSaveIndonesia, yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR. Program ini mengajak perusahaan dan individu berkontribusi dalam solidarity fund yang akan dialokasikan untuk melakukan tes PCR gratis kepada masyarakat yang membutuhkan dan dalam rangka program surveillance.

Dalam kesempatan yang sama, pendiri Benihbaik.com Andy F Noya menuturkan pemerintah tidak bisa bertindak sendiri dalam mengatasi pandemi covid-19. Dibutuhkan gotong royong dari berbagai pihak, termasuk masyarakat untuk penanganan covid-19.

“Kita tahu persis sudah sekitar Rp700 triliun dikucurkan untuk penanganan covid-19 dan ini menjadi beban APBN kita sehingga saya melihat bahwa apa yang dilakukan GSI Lab merupakan terobosan penting bagi masyarakat untik memanfaatkan secara optimal,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin berkontribusi di Benih Baik dapat dilakukan melalui link https://benihbaik.com/campaign/tes-pcr-gratis-untuk-masyarakat. (Aiw/H-3)

Baca Juga

. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Luhut Minta BPJS Percepat Pembayaran Klaim Perawatan Pasien Korona

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 30 September 2020, 09:30 WIB
Dari 1.906 RS penyelenggara pelayanan covid-19 di seluruh Indonesia, hanya 1.356 RS yang sudah mengajukan klaim. Sisanya sebanyak 550 RS...
MI/RAMDANI

PUPR Minta Pengembang Perumahan Perhatikan Kebutuhan Disabilitas

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 30 September 2020, 09:04 WIB
Pemenuhan aksesibilitas untuk publik meliputi kemudahan akses memasuki bangunan gedung, penyediaan alat bantu informasi audio, visual,...
AFP/Daniel Leal-Olivas

Kendala Tracing akibat Stigma kepada Penderita Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 08:51 WIB
Masyarakat harus terbuka terkait riwayat perjalanan dan interaksi yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya