Sabtu 12 Maret 2016, 07:37 WIB

Chromecast , Teknologi yang Bisa Rekatkan Hubungan Keluarga

Hera Khaerani | Teknologi
Chromecast , Teknologi yang Bisa Rekatkan Hubungan Keluarga

Dok. Google

GAWAI memang identik dengan kegiatan yang serbasendiri dan tak jarang membuat anggota keluarga menjadi terasing satu sama lain. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah. Nyatanya penggunaan teknologi yang tepat bisa merekatkan hubungan keluarga. Salah satunya dengan memanfaatkan Chromecast.

Alat yang dikembangkan Google itu bisa dipasangkan ke port HDMI televisi dan berfungsi untuk streaming. Ketika dihubungkan, pengguna bisa menampilkan tayangan televisi internet favorit, film, musik, atau permainan dari gawai Anda ke layar televisi untuk dinikmati ramai-ramai. Baik Iphone, Ipad, Android, tablet, Mac, Windows, laptop, maupun Chromebook bisa dihubungkan karena Chromecast bersifat multiplatform.

Selain Netflix dan Youtube, ada beberapa kanal dan aplikasi lain yang disiapkan Google Cast yang ditandai dengan logo Chromecast. Saat mentransmisikan film, video, atau acara TV dari ponsel, pengguna bisa leluasa beralih ke aplikasi lain. Jadi, beberapa tugas bisa dilakukan berbarengan dengan menonton TV.

Saat terhubung, ponsel atau perangkat Anda otomatis menjadi remote control pengatur tayangan di televisi. Pada intinya, Chromecast menjadikan televisi standar menjadi televisi pintar. "Smart TV masih mahal dan tidak semua punya," sebut President Director dan CEO of Indosat Ooredoo Alexander Rusli.

Meski Chromecast sudah banyak dikenal di luar negeri, alat yang dikembangkan Google itu resmi masuk ke Indonesia 18 Februari 2016. Alat itu tidak tersedia secara bebas di pasaran, hanya bisa dimiliki dengan berlangganan bundling GIG, layanan internet rumah yang dimiliki Indosat Ooredoo.

GIG mengklaim mampu menghadirkan internet dengan kecepatan mencapai 1 Gbps. Saat diuji coba, kecepatan mengunduhnya mencapai 940.41 Mbps, sedangkan kecepatan mengunggahnya 953.55 Mbps.

Bundling yang tersedia ialah kecepatan hingga 15 Mbps, 30 Mbps, dan 100 Mbps. Semua paket dilengkapi dengan gratis instalasi, gratis peminjaman modem fiber, wi-fi rumah, dan Chromecast. Bagi pengguna yang berlangganan 30 Mbps, mereka akan dapat Google Drive ekstra sebesar 50 GB. Kalau memilih bundling dengan kecepatan 100 Mbps, Anda mendapat gratis Chromebook. Lagi-lagi, Acer Chromebook CB3-131 tidak dijual bebas, mesti melalui paket bundling dengan GIG.

Laptop ini lumayan tangguh, bisa menahan beban sekira 60 kg dan papan ketik yang tahan tumpahan air hingga 30 ml. Karena bawaan Google, fitur pembaruan otomatisnya akan memudahkan pengguna. Aplikasi Google Chrome, contohnya, akan diperbarui setiap enam pekan. Nah, pada Google Book, perbaruan dilakukan secara otomatis. Demikian pula antivirus yang akan diperbarui secara otomatis.

Lantaran penggunaan Chromecast dan Chromebook hanya bisa dinikmati saat berlangganan GIG, performa alat itu akan sangat dipengaruhi sinyal layanan itu di rumah pengguna.

Di sisi lain, koneksi lewat wi-fi akan sedikit menurunkan kecepatan internet. Ketika dihubungkan dengan kabel LAN, barulah koneksi bisa maksimal. (Her/M-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More