Kamis 13 Agustus 2020, 05:50 WIB

Dewan Wajib Tes Usap sebab Punya Agenda Padat

Bayu Anggoro | Nusantara
Dewan Wajib Tes Usap sebab Punya Agenda Padat

MI/ADAM DWI
Petugas medis melakukan tes usap (swab test) untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

 

PEMPROV Jawa Barat terus meningkatkan tes usap covid-19 secara massal. Seluruh anggota DPRD Jabar beserta staf juga diwajibkan menjalani tes usap untuk menghindari paparan.

Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan pelacakan penyebaran virus korona harus tetap dilakukan saat aktivitas masyarakat sudah normal baru.

Lingkungan legislator juga berlaku sama. Semua dites usap sebab DPRD memiliki agenda padat mengundang banyak orang. “Seperti HUT ke-75 RI dan HUT ke-75 Jawa Barat. Penting bagi kami menjaga kesehatan bersama agar acara berjalan dengan lancar,” katanya di Bandung, Rabu (12/8).

Selain itu, Ineu menyebut pihaknya berupaya semaksimal mungkin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. “Jadi, tes ini juga menjadi contoh bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” imbuhnya.

Universitas Bengkulu (Unib) mengelar tes usap bagi 100 dosen, karyawan, serta mahasiswa, kemarin. Tes massal digelar setelah dua dosen dan beberapa mahasiswa terkonfirmasi positif covid-19.

Kepala Dinkes Bengkulu Herwan Antoni mengatakan tes usap di Unib atas permintaan universitas karena salah satu dosen positif setelah kontak erat dengan orang Sekretariat DPRD Kota Bengkulu yang meninggal dunia.

Kabupaten Subang, Jabar, yang semula sudah landai, dikagetkan oleh 7 orang terpapar, 4 merupakan aparatur sipil negara (ASN), serta 4 warga Kecamatan Cijambe.

Ke-4 ASN merupakan eselon III di empat kantor dinas. Mereka diketahui positif dari hasil tes usap bersama 192 ASN lainnya, sedangkan 3 warga Kecamatan Cijambe dari hasil tracing dan tes usap.

Sementara itu, Pemkab Banyumas, Jateng, mengantisipasi lonjakan dari klaster perkantoran. Pasalnya, terjadi peningkatan kasus dari salah satu kantor bank.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengungkapkan salah satu kantor Bank Syariah Mandiri ditutup sementara setelah belasan karyawannya positif covid-19.

“Awalnya, salah satu pimpinan bank itu mengeluh sakit dan jalani swab test. Hasilnya positif. Setelah itu, 17 karyawan dites dan 12 dinyatakan postif. Kami mengapresiasi kantor itu yang langsung mendeteksi secara mandiri,” ujar Achmad.

Nol kasus

Kepulauan Kecamatan Ka­rimunjawa, Kabupaten Jepara, berpenduduk 9.514 jiwa tercatat satu-satunya wilayah di Jateng yang masih nol kasus covid-19. Namun, Pemprov Jateng tetap berkeputusan belum membuka kepulauan itu untuk wisatawan yang ditutup sejak Maret 2020.

“Warga Karimunjawa sudah paham dengan protokol kesehatan. Kami berharap kepulauan itu dapat kembali dibuka untuk kunjungan wisata. Kami sudah sampaikan kepada Kapolda Jateng Irjen Ahmad agar dapat meyakinkan Pak Gubernur Ganjar Pranowo,” cetus Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Seluruh warga Perumahan Griya Nugratama, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Jabar, mejalani rapid test karena sebuah keluarga di­nyatakan reaktif. Keluarga itu reaktif diduga dari anaknya yang bolak balik bekerja di Bekasi.

Bila Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan hanya me­nindak ASN yang tidak pakai masker, Pemkot Cimahi, Jabar, langsung mengganjar setiap orang yang tidak pakai masker dengan kerja sosial menyapu sampah selama 15 menit.

Sumsel juga lebih mengedepankan pendisiplinan protokol kesehatan dan isolasi mandiri dan tidak lagi menerima pasien di rumah sehat Wisma Atlet Jakabaring. (MY/RZ/BB/LD/AS/DW/N-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

Klaster Ponpes Menambah Jumlah Kasus Korona di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 27 September 2020, 12:59 WIB
Sebanyak 12 santri dinyatakan positif covid di sebuah ponpes di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Kini petugas melacak 220 orang...
MI/Haryanto

PWI Beri Penghargaan Kepada 11 Tokoh di Jateng

👤Haryanto 🕔Minggu 27 September 2020, 12:43 WIB
Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2020 Jawa Tengah dan HUT ke-74 PWI, PWI  memberikan penghargaan kepada 11 tokoh  atas...
Ilustrasi

Klaster Ponpes Dominasi Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Kebumen

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 27 September 2020, 12:38 WIB
Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir memang kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya