Kamis 13 Agustus 2020, 00:37 WIB

Elpiji 3 Kg Tembus Rp40 Ribu per Tabung di Palu

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Elpiji 3 Kg Tembus Rp40 Ribu per Tabung di Palu

ANTARA
Ilustrasi

 

SEJUMLAH warga di Palu, Sulawesi Tengah, mengeluhkan kelangkaan gas elpiji ukuran tabung 3 kilogram. Jikapun tersedia, harganya melonjak dan mencapai Rp40 ribu per tabung.

Informasi yang dihimpun Media Indonesia menyebutkan, harga elpiji 3 kg memang mengalami penaikan di tingkat pengecer. Penaikan harga yang mencapai Rp40 ribu per tabung itu pun sudah terjadi sejak sebulan terakhir.  

Menurut warga, jika mereka membeli langsung di agen, harga elpiji 3 kg biasanya hanya Rp16 ribu, paling mahal hanya Rp18 ribu per tabung. "Ini karena langka barang di agen makanya pengecer memanfaatkan dengan menjual mahal karena banyak warga yang butuh," terang warga Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Palu, Nur Hayati kepada Media Indonesia, Rabu (12/8).  

Menurut warga Kelurahan Pengawu lainnya Sri Devi, pemerintah harus bertindak melihat kelakuan pengecer yang sudah terlalu mahal menjual elpiji 3 kg. Apa lagi, diketahui bersama bahwa elpiji 3 kg adalah barang subsidi pemerintah.  

"Barang subsidi sudah dijual mahal. Harusnya kan dijual murah dan diperuntukkan untuk keluarga tidak mampu seperti kami-kami ini. Sekarang mau tidak mau harus beli dengan harga Rp40 ribu karena kami butuh," keluhnya.  

Salah satu pengecer, Abdullah menampik jika mereka menjual elpiji 3 kg terlalu mahal. Menurutnya, mereka menjual Rp40 ribu per tabung sudah sesuai karena modal pembelian di tingkat pengepul juga sudah mahal dan mencapai Rp35 ribu per tabung.

"Ini kami cuma ambil untung Rp5 ribu per tabung. Kalau dijual murah, bagaimana kami mau untung," imbuhnya. (R-1)

 

Baca Juga

DOK MI

Kota Cirebon Krisis Ruang Perawatan Pasien Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 29 September 2020, 18:10 WIB
Selain itu, Dinkes Kota Cirebon, juga membuka rekrutmen bagi tenaga medis. Secara keseluruhan Edy mengaku membutuhkan tambahan 36 paramedis...
MI/Hendri Kremer

Tak Ada Ijin, Gelanggang Permainan di Batam tetap Buka

👤Hendri Kremer 🕔Selasa 29 September 2020, 18:05 WIB
PENGUSAHA gelanggang permainan (gelper) di Batam tetap beroperasi disaat pandemi...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Petani di Situbondo Keluhkan Kelangkaan Pupuk

👤Faishol Taselan 🕔Selasa 29 September 2020, 18:00 WIB
Petani di Kabupaten Situbondo mengeluhkan kelangkaan pupuk di daerah tersebu. Mereka khawatir bila tidak ditanggulangi berdampak pada hasil...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya