Rabu 12 Agustus 2020, 20:13 WIB

PT LIB Usulkan 7 Regulasi Baru untuk Lanjutan Liga 1 2020

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
PT LIB Usulkan 7 Regulasi Baru untuk Lanjutan Liga 1 2020

Antara/M. Risyal Hidayat
Pemain Bhayangkara FC berlatih jelang lanjutan Liga 1

 

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengusulkan 7 regulasi baru pada lanjutan Liga 1 2020 pada kepada PSSI. Liga 1 2020 yang ditunda sejak Maret imbas pandemi covid-19 telah diputuskan bergulir kembali 1 Oktober.

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengatakan nantinya PSSI sebagai regulator akan menelurkan regulasi. Pihaknya sebagai operator hanya mengusulkan kepada induk sepak bola tanah air itu

"Regulasi itu belum jadi keputusan final ya. Nanti masuk ke PSSI, PSSI nanti yang harus bikin regulasi," kata Hadian, Rabu (12/8).

Usulan regulasi pertama, yakni tidak adanya degradasi pada Liga 1 musim ini. Lalu, akan ada penambahan pergantian pemain menjadi lima sesuai amandemen law of the game musim 2019/2020 imbas pandemi covid-19.

Baca juga : Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Ditunda, Ini Respons PSSI

Kemudian, klub diberikan waktu untuk mendaftarkan pemain baru dengan dibukanya pendaftaran pemain tahap 2. Namun, klub tidak boleh melakukan transfer pemain dari sesama kontestan Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjang pemain dari luar klub Liga 1.

Keempat, setiap klub diwajibkan memasukkan 2 pemain U-20 dalam daftar susunan pemain. Regulasi ini sedikit berubah ketika pada awal munculnya regulasi ini, yakni wajib memainkan pemain U-20 di setiap laga.

Selanjutnya, akan ada penerapan protokol kesehatan selama liga berlangsung. PT LIB akan menggelar workshop untuk membahas lebih lanjut mengenai penerapan protokol kesehatan ini dengan mengundang tim medis klub, tim medis tempat adanya pertandingan, dan dinas kesehatan tempat berlangsungnya pertandingan.

Keenam, LIB mengusulkan adanya penyesuaian standar kelayakan venue pertandingan. Seperti diketahui, kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa dan klub dari luar Pulau Jawa telah memilih homebase. Terakhir, LIB mengusulkan klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan tim nasional. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Langkah Mundur Juventus

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 29 September 2020, 01:10 WIB
PELATIH Juventus Andrea Pirlo mengakui hasil imbang 2-2 melawan AS Roma, kemarin WIB, ialah sebuah kemunduran bagi...
AFP/CATHERINE IVILL

Gugup dan tidak Sabar Jadi Penyebab City Kalah

👤Antara 🕔Senin 28 September 2020, 10:08 WIB
Manchester City dipermalukan Leicester yang menang 5-2 di Stadion...
AFP/JEAN-PHILIPPE KSIAZEK

Rennes Ambil Alih Puncak Klasemen Liga Prancis

👤Antara 🕔Senin 28 September 2020, 05:15 WIB
Tiga gol kemenangan Rennes menyebabkan klub itu berada puncak klasemen sementara Liga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya