Rabu 12 Agustus 2020, 18:53 WIB

Kura-Kura Leher Ular di Rote Ndao Punah

Palce Amalo | Humaniora
Kura-Kura Leher Ular di Rote Ndao Punah

MI/MOHAMAD IRFAN
Kura-kura leher ular rote (Chelodina mccordi)

 

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) merilis kabar kura-kura leher ular (Chelodina mccordi) sudah punah di habitatnya.

Habitat kura-kura itu terdapat di sejumlah danau di Kabupaten Rote Ndao, antara lain Danau Peto di Desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah.
"Kura-kura leher ular di Rote Ndao itu habitatnya sudah habis," ujar Kepala BBKSDA Timbul Batubara kepada wartawan, Rabu (12/8).

Namun spesies tersebut ternyata masih ada di sejumlah kebun binatang di luar negeri, yang akibat diperdagangan sekitar 1980-an. Saat ini sekitar 26 kura-kura endemik Rote tersebut dikembangbiakan di Singapura yang sesuai rencana akan dipulangkan ke Indonesia.

Pengembangbiakan kura-kura leher ular di negara tersebut merupakan bagian dari dukungan terhadap program reintroduksi agar spesies langka tersebut tidak punah. "Kami akan berupaya memmulangkan beberapa ekor kura-kura leher ular dari Singapura," ujarnya. Pada 2009, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melepasliarkan 40 ekor kura-kura ke Danau Peto, kura- endemik Rote, namun saat ini kura-kura itu tidak ditemukan lagi. (OL-12)

Baca Juga

Dok Pribadi

Menjadikan Berkebun Sebuah Norma Bukan Tren

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 24 September 2020, 21:17 WIB
Menurut Sandra, ketika seseorang sudah mencoba untuk berkebun dan merasakan prosesnya maka makna dari berkebun itu sendiri akan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

Begini Prosedur OTG Covid-19 diisolasi di RS Wisma Atlet

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 September 2020, 20:35 WIB
"Ada asesmen. Kalau memang rumahnya tidak memenuhi untuk isolasi mandiri, puskesmas akan mendaftarkannya melalui aplikasi agar...
MI/Dwi Apriani

Pusri Pastikan Stok Pupuk Bersubsidi Aman Jelang Musim Tanam

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 24 September 2020, 20:28 WIB
Menghadapi musim tanam, per 22 September 2020, Pusri telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebesar 201.557,61 ton untuk urea dan 10.182,10...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya