Rabu 12 Agustus 2020, 18:47 WIB

Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Ditunda, Ini Respons PSSI

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Ditunda, Ini Respons PSSI

Antara/M Risyal Hidayat
Timnas Indonesia senior berlari dalam pemusatan latihan di Stadion Madya.

 

FIFA dan AFC resmi menunda laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia hingga 2021. Sebelumnya, kompetisi itu dijadwalkan pada Oktober-November 2020.

"Melihat situasi covid-19 di banyak negara, FIFA dan AFC memutuskan laga kualifikasi untuk Piala Dunia 2022 dan Piala Asia Tiongkok 2023, yang berlangsung pada Oktober dan November, akan dijadwal ulang ke 2021," bunyi keterangan resmi AFC, Rabu (12/8).

AFC menyatakan terus memonitor perkembangan di sejumlah negara kawasan Asia. Dalam hal ini, terkait keputusan jadwal baru laga kualifikasi dan segera mengumumkan jika ada kabar terbaru.

Baca juga: Belanda jadi Opsi Tambahan Lokasi Training Camp Timnas

Dengan keputusan itu, praktis Indonesia menunda tiga laga sisa di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang melawan Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut tim pelatih yang dikomandoi Shin Tae-yong akan menyusun program latihan baru.

Dia juga meminta para pemain timnas senior yang menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya sejak Jumat (7/8), tidak patah arang dan terus menjaga kondisi.

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan. Apalagi Piala AFF 2020 juga ditunda. Kami harap pemain tetap semangat dan berlatih terus,” tututr Iriawan dalam rilis resmi.

Baca juga: Liga 1 Bergulir Oktober, PSSI: Satgas Covid-19 Beri Lampu Hijau

Sementara itu, AFC memutuskan Piala Asia U-19 dan U-16 2020 digelar sesuai jadwal. Piala Asia U-19 dijadwalkan digelar 14-31 Oktober di Uzbekistan. Adapun Piala Asia U-16 diadakan pada 25 November hingga 12 Desember mendatang.

Saat ini, Timnas U-19 masih menjalani pemusatan latihan di bawah asuhan Shin Tae-yong. Shin telah mencoret 11 nama dan sisa 35 pemain direncanakan ikut pemusatan latihan di Korea Selatan dan Eropa dalam waku dekat.(OL-11)

Baca Juga

Paul ELLIS / AFP

Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan Positif Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 18:07 WIB
Pemain sayap City Riyad Mahrez dan pemain belakang Aymeric Laporte sebelumnya dinyatakan positif virus corona baru pada awal bulan...
AFP/Roslan RAHMAN

Neymar Pimpin Brasil di Kualifikasi Piala Dunia 2022

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 21 September 2020, 13:10 WIB
Neymar menjadi salah satu nama yang tercantum dalam daftar pemain Tim Nasional Brasil yang diumumkan...
AFP/Christophe SIMON

El Real Tumpul, Zidane Bela Keputusan tidak Mainkan Jovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 21 September 2020, 12:17 WIB
Real Madrid kesulitan mencetak gol sehingga harus puas bermain imbang 0-0 melawan Real...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya