Rabu 12 Agustus 2020, 17:55 WIB

Usai Uji Coba, Fitur Pembatasan Balasan Resmi di Twitter

Bagus Pradana | Weekend
Usai Uji Coba, Fitur Pembatasan Balasan Resmi di Twitter

Unsplash
Dengan fitur pembatasan balasan, pengguna Twitter dapat menyaring akun yang bisa mengomentari cuitannya.

TWITTER hari ini resmi meluncurkan pengaturan pembatasan balasan (reply). Dengan fitur ini pengguna dapat membatasi akun lain berkomentar dalam cuitan yang mereka layangkan. Sebelum dirilis secara global, fitur pembatasan balasan ini telah melalui tahapan pengujian sejak bulan Mei. 

Melalui fitur anyar ini, pengguna dapat memilih dari tiga opsi pembatasan terhadap siapa saja yang dapat membalas cuitannya, diantaranya semua orang, hanya akun yang mereka ikuti atau 'follow', dan terakhir hanya akun yang disebut dalam cuitan.  Jika pengguna memilih dua opsi terakhir untuk membatasi balasan dalam cuitannya maka akun yang akan berkomentar akan mendapatkan peringatan larangan dari Twitter. 

Dalam keterangan resminya, Twitter menyampaikan bahwa alasan yang melatarbelakangi pengembangan fitur ini adalah untuk 'memberi pengguna lebih banyak kendali atas percakapan yang ingin mereka mulai'. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna Twitter melakukan percakapan yang lebih baik dan membatasi ancaman penyebaran hoax maupun cyberbullying. 

Suzanne Xie, Direktur Manajemen Produk Twitter, menyatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha untuk meningkatkan kenyamanan berinteraksi setiap pengguna. "Sejak uji coba pada bulan Mei, orang-orang telah menggunakan fitur ini untuk mengadakan wawancara panel, membagikan pendapat mereka, dan membuat pengumuman," papar Suzanne Xie, seperti dikutip dailymail.com (12/8).


Ia menambahkan jika fitur ini dapat membantu beberapa orang untuk mendapatkan rasa aman saat mengakses Twitter serta dapat menciptakan percakapan yang lebih terarah, sambil tetap memungkinkan pengguna lain untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Kendati komentar telah dibatasi, namun pihak twitter tidak menutup akses bagi pengguna lain untuk merespon kicauan tersebut, pengguna lain masih dapat melihat dan memberikan 'like' pada setiap kicauan yang muncul di layar gawainya, bahkan tetap dapat berkomentar dengan memanfaatkan fitur 'retweet' terhadap satu kicauan. (M-1)

Baca Juga

NASA

Toilet Senilai Rp322 miliar Siap Diluncurkan ke Luar Angkasa

👤Weekend 🕔Selasa 29 September 2020, 19:10 WIB
Selain toilet anyar, NASA juga mengirimkan produk perawatan kulit Estee...
Unsplash/ Uriel Soberanes

Kenali Kayu Manis, Antibakteri Alami

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 18:16 WIB
Ada banyak bahan alami yang bisa menjadi bahan antiseptik yang aman bagi...
Dok. Maquinn Couture

Koleksi Label Indonesia Maquinn Couture Pukau Milan Fashion Week

👤Putri Rosmalia 🕔Selasa 29 September 2020, 17:10 WIB
Label asal Surabaya ini terpilih sebagai delegasi tunggal Indonesia di MFW...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya