Rabu 12 Agustus 2020, 17:45 WIB

Marak Klaster Perkantoran, DKI Minta Perusahaan Lebih Serius

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Marak Klaster Perkantoran, DKI Minta Perusahaan Lebih Serius

MI/Fransisco Carolio
Pekerja melintasi kawasan Sudirman, Jakarta, saat jam pulang kerja.

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta perusahaan serius mencegah penularan covid-19. Mengingat, klaster perkantoran terus bertambah seiring adanya temuan karyawan yang terinfeksi covid-19.

Berbagai upaya pencegahan covid-19 di lingkungan perkantoran sebenarnya telah digaungkan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI. Itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kadisnakertrans Nomor 1477 Tahun 2020.

"Solusinya banyak. Pertama, semua kantor mengatur jam pergi, jam isitirahat dan jam pulang," kata Ariza, sapaan akrabnya, saat dihubungi, Rabu (12/8).

Baca juga: Klaster Perkantoran Melonjak, Ombudsman: Akibat Dasar Hukum Lemah

Perusahaan juga diminta menekan jumlah karyawan yang bekerja di kantor. Walau ada ketentuan pembatasan jumlah karyawan sekitar 50%, namun angka itu bisa ditingkatkan.

"Kita minta perkantoran itu sekalipun ada pelonggaran 50%, sedapat mungkin dikurangi. Kita minta pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, ya di rumah saja," pungkas Ariza.

Dalam SK Nomor 1477 Tahun 2020, perusahaan diwajibkan membentuk satgas atau tim internal pencegahan dan penanganan covid-19. Tim ini bertanggung jawab agar perusahaan mematuhi aturan protokol kesehatan.

Baca juga: Viral Video Jakarta Zona Hitam Covid-19, Wagub DKI: Itu Hoaks

"Kita juga melakukan dialog dan diskusi dengan asosiasi. Kita minta meningkatkan sarana prasarana, disinfektannya, minta tambah wastafel. Semua upaya dilakukan. Kantor juga minta sosialisasikan kampanye," imbuhnya.

Data Disnakertrans DKI per 11 Agustus, ada 49 perusahaan yang ditutup sementara karena karyawan terpapar covid-19. Perusahaan wajib menutup area kantor minimal 1x24 jam untuk proses sterilisasi dan perbaikan protokol kesehatan.(OL-11)

Baca Juga

Dok. Danone-Aqua Label baru air minum Danone-Aqua

Pabrik Aqua di Cicurug Terendam Banjir

👤Dede Susianti 🕔Senin 21 September 2020, 22:42 WIB
Peristiwa tersebut setelah hujan deras terjadi di sekitar lokasi yang kemudian mengakibatkan Sungai Citarik-Cipeuncit...
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Informasi Lengkap Wilayah Jakarta Terendam Akibat Hujan Tiga Jam

👤Atalya Puspa 🕔Senin 21 September 2020, 22:37 WIB
Sejumlah ruas jalan mulai tergenang air setelah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah Ibu Kota Jakarta sejak pukul...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Delapan Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 22:16 WIB
Sedikitnya delapan ruas jalan di Jakarta tergenang air dengan ketinggian permukaan bervariasi imbas hujan deras yang mengguyur kawasan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya