Rabu 12 Agustus 2020, 16:30 WIB

Pembebasan Lahan Kali dan Waduk Jalan Terus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembebasan Lahan Kali dan Waduk Jalan Terus

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Suasana lingkungan pemukiman warga di bantaran Kali Ciliwung, wilayah Kebon Pala, Jatinegara

 

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan program besar pengendalian banjir tahun ini akan tetap berjalan meski ada dampak pelemahan ekonomi dari pandemi covid-19.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf memaparkan program besar tersebut, antara lain pembebasan lahan untuk melanjutkan pembangunan waduk dan kali.

Untuk waduk, total ada enam yang akan dilanjutkan pembebasan lahannya dengan dana Rp229 miliar. Keenam waduk itu adalah Waduk Kampung Rambutan 1 dan 2, Waduk Cimanggis, Waduk Brigif, Waduk Pondok Ranggon, dan Waduk Lebak Bulus.

"Waduk kita lanjut terus. Ada enam kan tahun ini. Anggarannya Rp229 miliar," kata Juaini saat dikonfirmasi, Rabu (12/8).

Waduk-waduk itu setelah pembebasan lahan akan dilanjutkan dengan pengerukan dan naturalisasi. Naturalisasi yang dimaksud ialah agar di pinggiran danau bisa menjadi ruang terbuka hijau dengan ditanami pepohonan yang rindang.

Baca juga: Fraksi NasDem Dorong Normalisasi Sungai Dilanjutkan

"Dikeruk supaya menambah kapasitas debit airnya dan bisa jadi ruang interaksi warga di situ. Jadi, ruang ketiga istilahnya," ujar Juaini.

Sementara itu pembebasan lahan sungai juga secara bertahap dibayarkan akhir bulan ini untuk normalisasi. Ada lima sungai yang area pinggirnya akan dibebaskan yakni Kali Sunter, Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan, Kali Kramat Jati, dan Kali Ciliwung.

Untuk pembebasan lahan normalisasi sungai, Juaini menyebut ada dana Rp500 miliar yang disisihkan.

"Bulan ini mulai pembayaran di Kali Angke dan Kali Kramat Jati. Nanti menyusul yang lain kita inventarisir dulu. Kalau sudah bayar, BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane) langsung masuk kerjakan turapnya," jelasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Cek Pintu Air Manggarai, Anies Minta SKPD Bersiap Hadapi Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 21 September 2020, 22:54 WIB
Anies meminta seluruh jajaran aparat kelurahan dan kecamatan yang wilayahnya berpotensi banjir karena air dari hulu agar...
MI/ DEDE SUSIANTI

Wali Kota Bogor Ingatkan Anies agar Jakarta Siaga Banjir

👤Dede Susianti 🕔Senin 21 September 2020, 22:50 WIB
WALI Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mendatangi Bendung Katulampa, Bogor, setelah menerima laporan tinggi muka air (TMA) naik, hingga...
Dok. Danone-Aqua Label baru air minum Danone-Aqua

Pabrik Aqua di Cicurug Terendam Banjir

👤Dede Susianti 🕔Senin 21 September 2020, 22:42 WIB
Peristiwa tersebut setelah hujan deras terjadi di sekitar lokasi yang kemudian mengakibatkan Sungai Citarik-Cipeuncit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya