Rabu 12 Agustus 2020, 15:02 WIB

Akhir Tahun, Diprediksi Pembiayaan Usaha Finance Cuma 2%

Hilda Julaika | Ekonomi
Akhir Tahun, Diprediksi Pembiayaan Usaha Finance Cuma 2%

Ilustrasi
Pembiayaan

 

ASOSIASI Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) memprediksi pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan akan tumbuh negatif di kisaran 2%-3%. Bahkan skenario terburuknya perusahaan pembiayaan bisa mengalami pertumbuhan pembiayaan yang bisa anjlok sampai -5% hingga -6%.

“Sebenarnya untuk memprediksi ini sulit. Karena kita hanya mengandalkan nasabah-nasabah yang ada. Pemberian dana pun terbatas hanya 25% maksimalnya sesuai peraturan OJK jadi tidak semua bsia tumbuh dari pembiayaan dana. Saya melihatnya kemungkinan tumbuh negatif -2% hingga -3% jika secara likuiditas masih bisa dari perbankan. Skenario terburuknya bisa 15% hingga -6%,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno dalam diskusi secara virtual, Rabu (12/8).

Baca juga : Pelaku UMKM Diminta Proaktif Daftarkan Diri untuk Bantuan Modal

Pasalnya portofolio perusahaan pembiayaan sebagian besar pada industri roda 4 dan roda 3. Namun, di lapangan Gabungan Indostri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah memprediksi karena covid-19 penjualan perusahaan yang bergerak di industri mobil ini hanya mencapai 500 ribu-600 ribu unit. Ini jauh dari angka target awal penjualan yang mencapai 1,7 juta unit.

Ia melanjutkan untuk motor juga ikut turun. Penurunan ini menurutnya mencapai sekitar 40%-50% penjualan. Hal yang sama berlaku untuk mobil dan motor bekas yang justru terdampak lebih mendalam.

“Sehingga pertumbuhan negatif tidak terhindarkan lagi di akhir tahun. Sementara itu, pembiayaan modal kemungkinan masih ada. Namun, bukan berasal dari investasi. Jadi ini tumbuh, mungkin pembiayaan modal kerja tumbuh baik tapi bukan yang pembiayaan sifatnya konsumtif,” jelasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Saptono/

Kinerja Asuransi masih Melorot

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:40 WIB
ASOSIASI Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan pendapatan industri asuransi jiwa yang menurun, dari Rp118,3 triliun pada semester I...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Literasi Jadi Tantangan Bank Syariah

👤 (Try/E-2) 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:30 WIB
ASOSIASI Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) menyatakan peningkatan literasi dan inklusi masyarakat terhadap perbankan...
Akhmad Safuan

Perlindungan Sosial Sentuh 90% Rumah Tangga Miskin

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:20 WIB
KEPALA Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu menuturkan sebanyak 90% rumah tangga miskin di Tanah Air telah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya