Rabu 12 Agustus 2020, 06:16 WIB

Realisasi APBD Riau Baru 47 persen karena Pandemi

Antara | Nusantara
Realisasi APBD Riau Baru 47 persen karena Pandemi

MI/Rudi Kurniawansyah
Gubernur Riau Syamsuar (bermasker kuning).

 

GUBERNUR Riau Syamsuar menyatakan hingga triwulan dua tahun ini, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau pada 2020 baru mencapai 47 persen karena terdampak pandemi covid-19.

"Angka ini memang belum terlalu tinggi, namun hampir semua provinsi mengalami hal yang sama. Di Indonesia baru ada lima provinsi yang realisasi APBD di atas 50 persen," kata dia, Selasa (11/8).

Pada tahun ini, total APBD Riau mencapai Rp12,379 triliun, naik 30,38 persen dari APBD 2019 yang Rp9,494 triliun. Mengingat realisasi APBD di Riau hingga triwulan kedua masih rendah, Syamsuar meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan percepatan penyerapan. Pelaksanaan kegiatan, kata dia, harus dipercepat, khususnya yang terkait dengan peningkatan ekonomi daerah.

"Upaya kita mempercepat semua kegiatan bisa berjalan dengan baik, dan titik beratnya terhadap kegiatan langsung peningkatan ekonomi. Salah satunya adalah penyaluran bantuan keuangan kepada warga terdampak covid-19," katanya.

Ia berharap, pemerintah kabupaten dan kota juga mempercepat realisasi dana transfer dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Penyerapan realisasi anggaran secara optimal dan akuntabel, diharapkan bisa memberi dampak positif bagi pembangunan daerah, serta mampu dirasakan warga di tengah pandemi covid-19.

Salah satu yang perlu dipercepat, katanya, realisasi bantuan keuangan dari Pemprov Riau sebesar Rp191,6 miliar untuk mengatasi dampak sosial dari pandemi covid-19 di 12 kabupaten dan kota di provinsi itu.  Berdasarkan data Pemprov Riau, nilai bantuan keuangan untuk bansos tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor: pts.848/V/2020. Bankeu berasal dari APBD Riau Tahun Anggaran 2020.

baca juga: Mendagri Desak Kepala Daerah Segera Belanjakan APBD

Tujuh dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau hingga kini belum menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak covid-19 yang dialokasikan Pemprov Riau karena kendala teknis. Tujuh kabupaten yang belum menyalurkan bansos tersebut adalah Kabupaten Indragiri Hilir, Siak, Kampar, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti. (OL-3)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Muhammad Iqba

Bawaslu Siap Rekrut 2.495 Pengawas TPS se Maluku Utara

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 30 September 2020, 09:05 WIB
Bawaslu Maluku Utara akan merekrut 2.496 pengawas TPS yang disebar di 8 kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak 9 Desember...
ANTARA/Olha Mulalinda

Selama Dua Hari, Kasus Positif Covid-19 di Sorong Bertambah 109

👤Martinus Solo 🕔Rabu 30 September 2020, 08:47 WIB
Penambahan kasus positif covid-19 itu setelah gugus tugas covid-19 Kota Sorong menerima hasil pemeriksaan 325 sampel dari Laboratorium...
MI/Gabriel Langga

50 Nakes Dimutasi, Layanan Kesehatan di Sikka Terganggu

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 30 September 2020, 08:32 WIB
Adanya mutasi 50 tenaga kesehatan di Kabupaten Sikka menyebabkan ada sejumlah puskesmas kekurangan tenaga kesehatan, namun di puskesmas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya