Selasa 11 Agustus 2020, 20:06 WIB

Kantor Masih Langgar Protokol Covid-19, Disnaker Panggil Kadin

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Kantor Masih Langgar Protokol Covid-19, Disnaker Panggil Kadin

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Pekerja melintas di waktu pulang kerja di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (6/8)

 

DINAS Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta semenjak permberlakuan PSBB pratransisi hingga kini melakukan upaya inspeksi mendadak untuk memantau kepatuhan perusahaan terhadap protokol kesehatan.

Dalam sidak tersebut, masih didapati perusahaan yang melanggar protokol covid-19 berjumlah tujuh perusahaan. Sejumlah aturan protokol kesehatan yang tidak dipatuhi antara lain terkait batas maksimal jumlah pegawai yang boleh bekerja di kantor sebanyak 50%. Selain itu juga terkait penyediaan hand sanitizer serta jaga jarak antar karyawan.

Kepala Disnakertrans DKI Jakarta Andri Yansyah mengungkapkan perusahaan ada yang terpaksa mempekerjakan karyawan lebih dari 50% untuk mengejar target kinerja atau produksi.

"Iya mereka ada yang kejar target. Sehingga mau tidak mau membuat karyawan yang masuk kantor lebih dari seharusnya," ungkap Andri saat dihubungi Media Indonesia, Selasa (11/8).

Untuk kembali menegakkan aturan, Andri menegaskan akan kembali memanggil Kadin dan asosiasi usaha lainnya untuk menegaskan kembali aturan protokol kesehatan.

Selain itu, pemanggilan ini juga berkaitan dengan akan segera terbitnya peraturan gubernur atau pergub baru dalam waktu dekat. Pergub baru ini akan mengatur sanksi denda progresif bagi pelanggar berulang dan juga bagi perusahaan yang menutupi kasus covid-19 di internal perusahaan.

"Iya. Nanti akan kita kumpulkan lagi seluruh asosiasi di bawah Kadin dan Apindo untuk sosialisasi pergub baru. Sekalian saya mengeluarkan edaran ke seluruh asosiasi agar disosialisasikan ke perkantoran dan perusahaan yang berada di bawahnya," tegas Andri.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/FACHRURROZI

Upaya Cegah Longsor Tarakan, Membuat Saluran Air hingga Reboisasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:30 WIB
Langkah sementara agar longsor tak lagi terulang yakni membuat saluran air, sementara tindak lanjut yang bersifat permanan dengan reboisasi...
Antara

Kampenye Pilkada Dinilai Terkendali dan Junjung Prokes

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:02 WIB
Berdasarkan data, hanya delapan daerah yang melanggar aturan prokes covid-19 pada hari pertama kampanye dan 10 daerah pada hari...
ANTARA

Isu Kebangkitan PKI Pakai Indikator yang Keliru

👤Sri Utami 🕔Selasa 29 September 2020, 20:55 WIB
KAMI menyebut salah satu indikasi adanya kebangkitan komunis adalah adanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya