Selasa 11 Agustus 2020, 19:58 WIB

Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di Posisi BBB

M. Ilham ramadhan Avisena | Ekonomi
Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di Posisi BBB

Ilustrasi
Ilustrasi utang luar negeri

 

LEMBAGA pemeringkat utang Fitch mempertahankan peringkat utang Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stable. Laporan yang dipublikasikan pada Senin (10/8) itu menyatakan, stabilnya peringkat utang Indonesia didorong oleh prospek pertumbuhan jangka menengah yang baik dan rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) rendah.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengatakan, laporan yang disampaikan Fitch itu berlandaskan penilaian kepada pemerintah Indonesia yang baik dalam menangani krisis di masa pandemi covid-19.

“Pemerintah Indonesia diapresiasi karena telah menanggapi krisis dengan cepat dengan berbagai langkah bantuan untuk mendukung rumah tangga dan perusahaan., termasuk Usaha Kecil dan Menengah,” kata Rahayu dikutip dari siaran pers, Selasa (11/8).

Selain itu, lanjutnya, pemerintah Indonesia juga dianggap telah mengambil beberapa tindakan sementara yang luar biasa di antaranya yakni penangguhan tiga tahun dari plafon defisit 3% terhadap PDB dan pembiayaan langsung bank sentral kepada defisit.

Langkah itu dinilai telah didukung oleh kebijakan fiskal yang hati-hati dalam beberapa tahun ke belakang sehingga menyebabkan Indonesia memiliki ruang untuk menyiapkan langkah penanganan pandemi.

“Dalam mendukung pemenuhan pembiayaan APBN, Bank Indonesia (BI) akan membeli Surat Berharga Negara (SBN) di pasar perdana melalui lelang non competitive dan melalui private placement instrument khusus yang diperuntukkan untuk pembiayaan public goods. Rancangan skema “burden sharing” dimana BI akan menanggung sebagian beban biaya dari tambahan penerbitan utang juga dianggap Fitch dapat menjawab kebutuhan belanja yang lebih tinggi,” imbuh Rahayu.

Baca juga : Kebijakan Biodiesel Dinilai Rugikan Petani Sawit

“Burden sharing ini akan membantu mengurangi biaya bunga langsung Pemerintah, dan menurut Fitch tidak akan memberikan tekanan inflasi. Fitch percaya bahwa sikap disiplin Indonesia atas kebijakan moneter dalam beberapa tahun terakhir memberikan keyakinan bahwa skema tersebut hanya akan bersifat temporer dan skema tersebut juga lebih disebabkan karena keadaan pandemi yang tidak biasa,” sambungnya.

Fitch, lanjut Rahayu juga menyatakan pandangannya terkait Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja dengan pendekatan omnibus law yang mengatur tentang lingkungan bisnis dan bertujuan untuk menyederhanakan kerangka peraturan, memudahkan pembebasan lahan, mengurangi jumlah daftar inevstasi negatif dan memastikan fleksibilitas pasar tenaga kerja yang lebih besar.

Hal itu dinilai berpotensi pada pertumbuhan ekonomi nasional dan arus investasi asing masuk ke Indonesia dalam jangka menengah dan bergantung pada implementasinya. Langkah Fitch mempertahankan peringkat utang Indonesia di posisi BBB dengan outlook stable menunjukkan kebijakan pemerintah dalam menangani covid ada di jalur yang tepat.

“Kebijakan pemerintah yang tertuang dalam stimulus fiskal itu memiliki tiga tujuan. Pertama, meningkatkan pelayanan kesehatan dalam rangka menanggulangi wabah. Kedua, memberikan bantuan kepada masyarakat kecil yang terdampak. Ketiga, meningkatkan ketahanan dunia usaha dalam menghadapi wabah covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menolong perekonomian Indonesia untuk mengantisipasi resesi, dan mengoptimalkan serta menjaga stabilitas ekonomi Indonesia,” pungkas Rahayu.

Sebelumnya Fitch juga memberikan peringkat utang Indonesia di level BBB dengan outlook stable pada Januari 2020.

Dari catatan kementerian keuangan, 4 lembaga pemeringkat yakni Moody’s memberikan peringkat utang Indonesia di level Baa2 dengan outlook stable, S&P memberikan peringkat BBB dengan outlook negative, Japan Credit Rating Agencey memberi peringkat utang BBB+ dengan outlook stable dan Rating & Investment memberi peringkat BBB+ dengan outlook stable. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

Pemerintah Tanggung Bea Masuk Impor Industri Terdampak Pandemi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 29 September 2020, 22:45 WIB
PMK tersebut diterbitkan sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penerimaan negara, serta menjaga stabilitas...
AFP/Tauseef Mustafa

Pemerintah Buka Peluang Terapkan Rapid Test Antigen

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 29 September 2020, 20:46 WIB
"Kami baru saja mendapat kabar dari World health Organization (WHO) bahwa rapid tes antigen bisa menunjukkan hasil tes dalam waktu...
Antara/Adwit B Pramono

Besok Hingga 2 Pekan Ke depan, Tol Manado-Danowudu Gratis

👤Insi nantika Jelita 🕔Selasa 29 September 2020, 20:39 WIB
"Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat. Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya