Selasa 11 Agustus 2020, 19:55 WIB

Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

John Lewar | Nusantara
Masuk Objek Wisata di Mabar Tak Lagi Gratis

MI/John lewar
Keindahan alam taman Nasional Komodo

 

Mulai 15 Agustus 2020 ini pemerintah kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Labuanbajo NTT memberlakukan retribusi masuk ke objek wisata di sana. Jadi, semua pengunjung, baik lokal maupun internasional wajib membayar retribusi.

Langkah ini dilakukan untuk mempercepat arus perputaran ekonomi warga lokal termasuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

"Mulai 15 Agustus 2020 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat mulai memungut retribusi masuk ke destinasi wisata yang berada di Kabupaten Mabar. Baik di laut maupun di daratan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mabar, Agustinus Rinus, Selasa (11/8).

Pungutan ini, lanjutnya, juga diberlakukan kepada semua wisatawan yang berwisata ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca juga: 4 Orang Pelaku Intoleran Sudah Ditetapkan Sebagai Tersangka

"Kita juga memungut retrebusi masuk objek wisata Gua Rangko dan air terjun Cunca Wulang. Jadi, wisatawan yang mengunjungi dua destinasi wisata itu wajib membayar tiket masuk," ujarnya.

Menurut Agustinus, akan ada petugas di pos retribusi. "Pungutan retrebusi dilakukan mulai pukul 08.00-18.00 Wita setiap hari. Biayangnya Rp10 ribu per orang untuk wisatawan lokal, Rp20 ribu untuk wisatawan nusantara, dan Rp50 ribu untuk wisatawan mancanegara," jelasnya.

Namun, objek wisata Batu Cermin di Kecamatan Komodo, kata Agustinus, belum dibuka. "Sebab saat ini Pemerintah Pusat sedang fokus menata Batu Cermin. Jadi, baru dibuka setelah pengerjaan proyek penataan sudah selesai," papar Agustinus.

Protokol kesehatan diberlakukan bagi wisatawan untuk pencegahan penularan virus covid-19. "Petugas dan pengunjung diharuskan memakai masker dan cek suhu tubuh sebelum masuk objek wisata. Kemudian tidak dibenarkan melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ardiansyah

Pemprov Sulbar Rencanakan Bangun Jalan Penghubung Mamuju-Tapalang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 01:30 WIB
Pembangunan jalan menuju Kecamatan Tapalang dari kota Mamuju untuk memperpendek jarak...
dok polda jatim

Tim Covid Hunter Jatim Bawa Tiga Warga Terdeteksi Positif ke RS

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 23 September 2020, 23:32 WIB
Mereka harus diisolasi di sana dan harus menjalani swab ulang hingga menunjukkan hasil...
MI/Heri Susetyo

Maklumat Kapolri Disebar, Paslon dan Timses Wajib Patuh Prokes

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 23 September 2020, 23:26 WIB
Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis itu disebarluaskan dalam bentuk banner dan poster dipasang di banyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya