Selasa 11 Agustus 2020, 16:50 WIB

Harga Sawit Naik, Petani Aceh Gembira

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Harga Sawit Naik, Petani Aceh Gembira

Antara/Wahdi Septiawan
Pekerja mengangkut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Muara Sabak Barat, Jambi

 

Petani kelapa sawit di kawasan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh sejak sepekan terakhir bergembira. Pasalnya harga tandan buah sawit (TBS) segar meningkat.

Kenaikan harga tersebut menggairahkan petani untuk kembali rajin membersihkan kebun. Tujuannya supaya produksi buah sawit segar tersebut ke depan lebih meningkat dan sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Petani di Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Paya Bakong, dan Kecamatan Cot Girek mulai menikmati kenaikan harga tandan buah sawit segar. Bila sebelumnya harga tandan buah sawit segar Rp900 per kilogram (kg), sekarang naik menjadi Rp1.200/kg.

Baca juga: Proses Biologi Limbah Kertas Bikin Warna Citarum Hitam

Itu merupakan harga tertinggi harga di tingkat tengkulak sejak bulan Januari tahun 2020. Pasalnya sekitar dua bulan lalu harganya sempat turun ke level Rp800 per kg.

Petani sawit di Desa Matang Pusangan, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Selasa (11/8) mengatakan kenaikan harga itu disambut baik para petani setempat.

"Kalau harganya di bawah Rp1.000 per kg, sangat tidak sesuai. Ongkos petik saja Rp300 per kg, kemudian dipotong untuk biaya pupuk dan biaya perawatan mencapai Rp500/kg. Jadi, keuntungannya sangat tipis," tutur Zakairia, Selasa (11/8). (OL-14).

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...
Ilustrasi

Ini Enam Daerah di Sumut dengan Penyebaran Covid-19 Tinggi

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 27 September 2020, 22:49 WIB
Sebaran penularan tinggi virus covid-19 sudah menjangkau enam daerah di Sumatra Utara, meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai...
dok.mi

Ende Kembali menjadi Zona Hijau Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 21:15 WIB
SEBANYAK 13 pasien korona (covid-19) yang menjalani perawatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh, Minggu (27/9), dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya