Selasa 11 Agustus 2020, 16:40 WIB

Kesbangpol Imbau Warga Ramaikan HUT RI dengan Umbul-umbul

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kesbangpol Imbau Warga Ramaikan HUT RI dengan Umbul-umbul

MI/PIUS ERLANGGA
Sejumlah pedagang bendera dan umbul-umbul merah putih di jalan

 

Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini akan terasa sangat berbeda karena Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19 yang mewajibkan setiap orang untuk menjaga jarak satu sama lain.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri meminta agar warga menyadari adanya pandemi covid-19 membuat perlombaan yang menjadi tradisi peringatan HUT RI setiap 17 Agustus harus ditiadakan.

"Memangnya bisa kalau ada lomba pakai protokol covid-19? Mustahil. Lomba tarik tambang, bawa kelereng pakai sendok di mulut. Apalagi panjat pinang. Waduh, itu berisiko sekali," ujar Taufan, Selasa (11/8).

Oleh karena itu, dia meminta warga memaknai peringatan hari kemerdekaan dengan cara lain, yakni memasang umbul-umbul serta pernak-pernik bernuansa merah putih sambil terus mensosialisasikan protokol kesehatan.

Baca juga: Pergub Sanksi Progresif Digodok, PPP: Harusnya Dari Dulu

Menurut Taufan, gelora semangat warga memperingati hari kemerdekaan bisa dialihkan kepada hal-hal tersebut.

"Saya sudah berkeliling di beberapa tempat. Memang sudah sangat ramai ini ya pernak-pernik, umbul-umbul. Luar biasa semangat warga. Itulah cara yang masih bisa kita lakukan untuk memaknai kemerdekaan di tengah pandemi covid-19 ini. Kita harus tetap menjaga protokol kesehatan," tegasnya.

Namun demikian, ia menegaskan sampai saat ini Pemprov DKI Jakarta belum menerbitkan seruan larangan untuk menggelar lomba-lomba tersebut. Diharapkan timbul kesadaran dari warga untuk tidak menyelenggarakan lomba-lomba tersebut.

"Ya memang sampai sekarang belum ada dari Biro Pemerintahan. Tapi kita juga harus sadar diri. Kan sedang ada pandemi," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

September, 900 Jenazah dimakamkan di TPU Covid-19 Pondok Ranggon

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 18:00 WIB
Sebanyak 900 jenazah covid-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon. Angka ini terhitung sejak 1 September-28 September...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

DPRD Sebut Lockdown Mini di Jakarta Lebih Efektif Ketimbang PSBB

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 17:30 WIB
Dengan lockdown mini geliat ekonomi dinilainya masih bisa bergerak karena sifatnya lokal di daerah tertentu berdasarkan...
MI/Andri Widiyanto

3 Lokasi Isolasi Terkendali di DKI Ini Sediakan 166 Kamar

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 17:20 WIB
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah 166 kamar isolasi untuk pasien covid-19 yang masuk kategorio orang tanpa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya