Selasa 11 Agustus 2020, 10:31 WIB

Akses Masuk Stasiun Tanah Abang Lewat JPM akan Ditutup

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Akses Masuk Stasiun Tanah Abang Lewat JPM akan Ditutup

MI/Ricky Julian
Petugas mengarahakan penumpang KRL untuk menjaga jarak ketika antre di dalam Stasiun Tanah Abang, Senin (10/8/2020) sore

 

CALON pengguna KRL yang akan masuk Stasiun Tanah Abang dari Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) pada Senin (10/8) sore, tidak dapat mengantre dengan tertib saat ada penyekatan untuk memasuki stasiun. Antrean yang tidak tertib ini bukan didasarkan karena adanya kenaikan penumpang di Stasiun Tanah Abang.

PT KCI sangat menyesalkan kejadian ini karena para pengguna kembali tidak tertib dan tidak sadar untuk menjaga jarak. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi di waktu yang sama dari pintu masuk arah kawasan integrasi antarmoda di sisi utara Stasiun Tanah Abang, pengguna dapat antre dengan tertib dan tetap menjaga jarak.

"Atas kejadian ini PT KCI mengambil langkah tegas dengan menutup sementara akses pintu masuk dan keluar di sisi selatan stasiun yang menuju JPM Pasar Tanah Abang. Penutupan berlangsung mulai Selasa (11/8) pada pukul 14.00 WIB setiap hari kerja," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya, Senin (10/8).

Selama penutupan akses pintu keluar-masuk ini, calon pengguna KRL yang akan masuk dan keluar stasiun hanya dapat melalui hall sisi utara Stasiun Tanah Abang.

Para calon pengguna juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan saat akan naik KRL. Penyekatan antrean akan tetap dijalankan bila kondisi peron dan area stasiun sudah cukup padat untuk memungkinkan physical distancing di dalam kereta, sebagaimana yang selama ini sudah berjalan tertib di area integrasi antarmoda menuju masuk Hall Utara Stasiun Tanah Abang.

Baca juga:  Mulai Hari Ini, KCI Buat Penyekatan di Stasiun Tanah Abang

Penyekatan dan antrean calon penguna KRL di beberapa stasiun padat lainnya sudah berjalan tertib selama tiga bulan terakhir ini.

Pada pagi hari penyekatan dan antrean calon pengguna KRL di sejumlah stasiun antara lain Bogor, Cilebut, Bojonggede, Citayam dan Bekasi, berjalan dengan tertib. Begitu juga pada sore hari di Stasiun Jakarta Kota, Juanda, Sudirman dan Tebet para calon pengguna KRL tertib mengantre untuk masuk stasiun dan KRL.

"PT KCI mengimbau kepada pengguna jasa untuk tetap tertib saat akan masuk ke stasiun dan di dalam KRL, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun dan naik KRL, menggunakan masker, menjaga jarak antarpengguna baik di area stasiun maupun di dalam KRL, serta mengikuti marka dan arahan dari petugas di lapangan demi kesehatan bersama," ungkap Anne.

Hingga Senin (10/8) pukul 19.00, PT KCI melihat tidak juga ada peningkatan jumlah pengguna di Stasiun Tanah Abang. Jumlah pengguna KRL yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang justru turun jika dibandingkan Senin (3/8) lalu, saat situasi kondusif sepenuhnya.

"Hingga jam 7 malam, jumlah pengguna yang masuk dari Stasiun Tanah Abang berjumlah 21.139 pengguna atau turun 7% dibanding Senin pekan lalu. Hingga pukul 7 malam pada Senin lalu, tercatat 22.595 pengguna yang hendak naik KRL dari Stasiun Tanah Abang," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Medcom/Annisa

Sejumlah Perumahan di Bekasi Terendam Banjir Hingga 1,5 Meter

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 07:13 WIB
"Yang paling tinggi di Villa Jatirasa, ketinggian 190...
MI/Andri Widiyanto

Pandemi Membuka Peluang Dunia Digital

👤Dmr/Put/J-2 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 06:17 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membantu para pelaku UMKM untuk berpindah ke bisnis digital dan memastikannya mampu...
MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya