Selasa 11 Agustus 2020, 07:46 WIB

210 Aset Pemerintah Kota Sorong Bermasalah

Candra Yuri Nuralam | Nusantara
210 Aset Pemerintah Kota Sorong Bermasalah

MI/Susanto
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat sebanyak 210 aset Pemerintah Kota Sorong masih bermasalah. Pemerintah Kota Sorong mempunyai 251 total aset saat ini.

"Yang sudah bersertifikat baru 41 bidang. Selain itu, masih terdapat lima aset bangunan yang dikuasai pihak ketiga dengan nilai total Rp8 miliar," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat kunjungan di Sorong, Papua Barat, Senin (10/8).

Permasalahan aset bermasalah juga banyak di wilayah Pemerintah Kabupaten Sorong. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Sorong mempunyai aset sebanyak 961 bidang senilai Rp921,5 miliar.

"Dari 961 bidang tersebut yang sudah bersertifikat baru 8,8% atau 85 bidang dan 12 di antaranya terbit pada 2020," ujar Lili.

Baca juga: 20 Tahun Bermasalah, RSUD Sorong Jadi Hak Milik Pemkot

KPK meminta pemerintah kota dan kabupaten di Sorong segera melakukan penarikan aset-aset bermasalah di sana. Beberapa aset bermasalah merupakan rumah dan kendaraan yang masih dikuasai aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dipindahtugaskan dari Sorong.

"Tercatat ada 38 unit kendaraan senilai Rp720 juta dan rumah dinas sebanyak 21 unit. Sedangkan aset yang masih dikuasai ASN yang sudah pensiun tercatat berupa kendaraan dinas sebanyak 78 unit dengan nilai aset Rp4,3 miliar dan rumah dinas berjumlah 22 Unit," tutur Lili.

KPK mengultimatum ASN yang belum mengembalikan aset pemerintah Sorong. Cara keras bisa digunakan jika ASN membandel.

"Akan ada upaya paksa yang ditempuh guna menarik kembali aset-aset pemerintah daerah," tegas Lili. (OL-1)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Rubasa, Solusi Atasi Kendala Belajar Daring Siswa

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 29 September 2020, 17:38 WIB
Program Ruang Belajar Bersama (Rubasa) diharapkan bisa mempermudah proses belajar para siswa di rumah di tengah pandemi...
DOK MI

Ganjar Tegaskan Penanganan Covid-19 di Banyumas Berjalan Baik

👤Haryanto 🕔Selasa 29 September 2020, 17:30 WIB
Ganjar meminta masyarakat mendukung apa yang dilakukan oleh Pemkab Banyumas. Sehingga, lanjut Ganjar, pemerintah akan lebih mudah melakukan...
Dok MI

Rekind dan Hyundai Garap Proyek TPPI Olefin Complex

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Selasa 29 September 2020, 17:20 WIB
Proses tender ini merupakan bagian dalam upaya untuk segera mewujudkan harapan pemerintah Indonesia menekan angka impor...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya