Selasa 11 Agustus 2020, 05:51 WIB

Belasan Kampung Kumuh bakal Ditata

Put/J-2 | Megapolitan
Belasan Kampung Kumuh bakal Ditata

Antara/Aprillio Akbar
Ilustrasi -- Permukiman penduduk di bantaran Kali Cakung Drain, Jakarta

 

REALISASI penataan kampung kumuh tahun ini agak tersendat karena sebagian besar anggaran pembangunan infrastruktur dan pembangunan kota lainnya dialihkan untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Retno, kemarin. “Tidak semuanya ke sana (covid-19), tapi ada beberapa yang bisa. Bisa dari APBD dan bisa kita cari-cari melalui CSR dan KSBB (kolaborasi sosial berskala besar),” ujar Retno.

Pada tahun ini, terang dia, Pemerintah Provinsi DKI berencana menata 11 rukun warga (RW). Penataan itu menggunakan anggaran
pendapatan belanja daerah (APBD) 2020. “Belum implementasi, baru perencanaan. Ada 11 RW akan kita tindaklanjuti tahun ini,” ujarnya.

Berdasarkan salinan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi DKI Jakarta 2018-2022 dari laman Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, sebanyak 10 RW ditata pada 2018 dan 40 RW pada 2019.

Kemudian, 56 RW ditata pada 2020, 46 RW pada 2021, dan 48 RW pada 2022. Retno menyebut total sebanyak 67 RW telah terealisasi pada tahun lalu. Pun anggaran yang digelontorkan mencapai Rp298 miliar.

“Seharusnya, tahun ini sebanyak 56 RW yang akan ditata. Namun, terkendala anggaran yang difokuskan untuk penanganan covid-19 makanya baru 11 RW saja yang akan ditindaklanjuti. Empat puluh lima RW sisanya masih CAP (community action plan). Kita lagi usahakan untuk cari pengembang dan CSR (corporate social responbility),” jelasnya.

CAP merupakan program kegiatan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjadi acuan keberlanjutan program penataan kawasan. Anggaran penataan kawasan berasal dari pihak ketiga. (Put/J-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bea Cukai Lakukan 27 Penindakan Jual Minol Secara Daring

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 01:00 WIB
Bea Cukai tetap melakukan pengawasan secara targeting dengan mengedepankan informasi intelijen serta selalu memperhatikan protokol...
MI/Andry Widiyanto

Perda Covid-19 Atur Pemberian Bantuan Tunai & Non Tunai

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 00:30 WIB
Terkait dengan daftar bantuan sosial yang dihimpun dengan melibatkan peran serta RT dan RW tidak dijelaskan di Perda Covid-19 ini....
MI/Susanto

Ini Langkah MRT Jakarta Cegah Stasiun Bawah Tanah Kebanjiran

👤Putri Ansia Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 22:43 WIB
Sementara untuk mencegah genangan di sekitar Stasiun Istora, PT MRT Jakarta membuat tembok pembatas yang lebih tinggi hingga 50cm antara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya