Selasa 11 Agustus 2020, 05:46 WIB

Dewan Pengawas Diperlukan untuk Atasi Penyelundupan

Ykb/J-2 | Megapolitan
Dewan Pengawas Diperlukan untuk Atasi Penyelundupan

ANTARA / SEPTIAN
Penyidik memperlihatkan tersangka dan barang bukti narkoba jenis ganja di Jalan Raya Narogong-Siliwangi, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat

 

PENYELUNDUPAN narkoba semakin marak dalam beberapa pekan terakhir. Kemarin, Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menggagalkan upaya penyelundupan ganja seberat 450 kg yang disembunyikan di dalam truk pisang di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari me- ngatakan pihaknya mengintai dan membuntuti truk yang melaju dari wilayah Lampung selama dua hari. Petugas lalu menangkap dua pelaku berikut barang bukti narkoba ter- sebut. “Saat ini kita lakukan pengejaran terhadap pelaku yang lain. Penghitungan juga masih dilakukan, termasuk untuk memastikan kualitas ganja yang disita,” kata Arman.

Solusi atas maraknya kasus penyelundupan narkoba, menurut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Antinarkoba Nasional (Gannas) I Nyoman Adi Peri perlu dicari. Ia menyarankan pembentukan segera sebuah badan seperti dewan pengawas yang berfungsi memonitor atau mendorong kinerja intelijen narkotika saat melakukan tupoksi.

“BNN belum punya satu badan seperti di KPK, yakni dewan pengawas. Hal ini perlu untuk mengontrol kinerja infrastruktur di dalam BNN itu sendiri,” kata Nyoman.

Kurang terpantaunya kinerja Direktorat Intelijen BNN, tambahnya, menjadi salah satu faktor mudahnya barang haram tersebut melenggang mulus ke Indonesia. “Kita sebagai pegiat antinarkotika tidak bisa menganalisis karena semua tertutup. Kita hanya tahu ketika ada penangkapan saja.”

Ia pun menilai lima institusi yang diberi mandat untuk menjaga perairan laut di Indonesia tak memiliki sistem terpadu dalam menghentikan pengiriman barang haram tersebut. (Ykb/J-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

36 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:50 WIB
"Zona merah sebanyak 36 kecamatan, zona oranye tiga kecamatan, dan zona hijau satu...
Ilustrasi

Telusuri Korban Pelecehan Lain di Bandara Soetta, Polisi Cek CCTV

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 29 September 2020, 20:54 WIB
EFY menyusun rencana untuk menipu penumpang berinisial; LHI dengan menyatakan hasil tesnya reaktif dan meminta sejumlah uang untuk...
MI/Andri W

Pemprov DKI Tutup 113 Perusahaan Selama PSBB Jilid 2

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 29 September 2020, 20:15 WIB
PEMPROV DKI Jakarta telah menutup sebanyak 113 perusahaan atau perkantoran selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya