Senin 10 Agustus 2020, 22:32 WIB

Turun, Kasus Stunting di Seluma Bengkulu Jadi 933 Anak

Marliansyah | Humaniora
Turun, Kasus Stunting di Seluma Bengkulu Jadi 933 Anak

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA
Ilustrasi : Seorang balita memakai masker di Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu (Posyandu), Desa Ilie, Banda Aceh.

 

Kasus stunting atau kasus anak dengan pertumbuhan yang tidak wajar di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, mencapai 933 orang hingga Juli 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin di Bengkulu, Senin (10/8), mengatakan, kasus stunting di Kabupaten Seluma, Bengkulu, mencapai 933 orang hingga Juli 2020. "Jumlah kasus stunting hingga Juli 2020 mencapai 933 orang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 lalu mencapai 1000 orang lebih," katanya.

Kasus stunting pada anak, lanjut dia, dapat dicegah sebelum anak tersebut berusia dua tahun. Dengan cara diberikan asupan gizi dan vitamin yang cukup sehingga bisa memperbaiki pertumbuhan pada anak.

Bagi orang tua yang pertumbuhan anaknya tidak normal, diminta untuk segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma secepatnya dan jika sudah lewat dari dua tahun maka akan sulit untuk bisa diatasi serta pertumbuhan anak tetap tidak normal.

Selain faktor gizi yang kurang, kasus stunting juga diakibatkan karena faktor lingkungan seperti tidak menjaga kebersihan, suka buang
air besar sembarangan dan pola hidup tidak sehat lainnya.

Untuk anak yang menderita stunting serta saat ini sudah lebih dari dua tahun maka dinas kesehatan setempat tetap memantau serta memberikan intervensi masalah gizinya. Dengan memberikan makanan tambahan termasuk vitamin agar membantu pertumbuhannya agar menjadi normal kembali. (OL-12)

Baca Juga

Medcom.id

Uji Klinis Bisa Selesai Tiga Bulan Lebih Cepat

👤BY/X-11 🕔Sabtu 26 September 2020, 04:53 WIB
Uji coba vaksin covid-19 asal Tiongkok yang akan dilakukan Tim Fakultas Kedokteran Unpad ini sudah mendapat izin dari Komite Etik, yang di...
AFP

Meghan Markle Dukung Peserta America's Got Talent

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 26 September 2020, 04:30 WIB
DUCHESS of Sussex dan aktris Meghan Markle, 39, memberi kejutan dalam final ajang pencarian bakat America’s Got...
AFP

Tom Cruise Bakal Syuting di Angkasa Luar

👤MI 🕔Sabtu 26 September 2020, 04:15 WIB
RENCANA aktor Tom Cruise, 58, yang bekerja sama dengan pendiri Tesla, Elon Musk, dan NASA untuk melakukan perjalanan ke angkasa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya