Senin 10 Agustus 2020, 18:35 WIB

Satgas Ingatkan Hati Hati Membuka Sekolah Tatap Muka

Faishol Taselan | Nusantara
 Satgas Ingatkan Hati Hati Membuka Sekolah Tatap Muka

ANTARA/SYAIFUL ARIF
Sejumlah siswa kelas 6 SDN Sumberaji 2 mengerjakan tugas pelajaran sekolah secara daring di kawasan makam Dusun Ngapus, Jombang, Jatim.

 

SATGAS Penanganan Covid-19 Jatim meminta pembelajaran tatap muka untuk  siswa sekolah hendaknya dilakukan secara hati-hati. Daerah juga harus berada pada posisi zona hijau.

"Pembukaan sekolah tatap muka harus menunggu wilayah tersebut menjadi zona hijau," kata Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuadi di  Surabaya, Senin (10/8).

Menurut Jony, penentuan tatap muka harus hijau dulu, Rate of Transmision (Rt) haru di bawah 1 dulu. Artinya, penularan turun atau tidak ada case, sehingga kans timbulnya penyakit itu kecil.

"Kita harus belajar dari pengalaman Tiongkok saat membuka pendidikan tatap muka. Meski dibuka dengan protokol ketat, justru masih (ada penyebaran kasus baru)," katanya.

Baca juga: DPRD Babel Sepakat KBM Tatap Muka

Kasus pada anak-anak memang rendah di Jatim. Namun, jika sekolah dibuka tanpa mempertimbangkan kajian epidemiologi akan sangat berbahaya. Pihaknya menilai ada perbedaan klinis antara anak-anak dengan orang dewasa. 

"Memang case pada anak-anak tidak banyak. Cuma pada anak-anak klinisnya beda dengan dewasa, sehingga harus hati-hati. Ini karena penerapan protokol kesehatan pada anak-anak sangat sulit, mereka kan kalau udah ketemu temannya seperti itu, makanya harus hati-hati," katanya.

Karena itu, disarankan jika sekolah hendak dibuka, harus dilakukan prakondisi terlebih dahulu. Hal ini dengan melakukan simulasi dengan melihat perilaku anak-anak, adanya proteksi ketat dan evaluasi.

Selain itu, evaluasi ini dilakukan dengan sistem periodisasi testing untuk memastikan apakah ada kasus konfirmasi baru atau tidak.(A-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...
Ilustrasi

Ini Enam Daerah di Sumut dengan Penyebaran Covid-19 Tinggi

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 27 September 2020, 22:49 WIB
Sebaran penularan tinggi virus covid-19 sudah menjangkau enam daerah di Sumatra Utara, meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai...
dok.mi

Ende Kembali menjadi Zona Hijau Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 21:15 WIB
SEBANYAK 13 pasien korona (covid-19) yang menjalani perawatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh, Minggu (27/9), dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya