Senin 10 Agustus 2020, 18:20 WIB

Mamah Dedeh: Protokol Kesehatan Harus Dimulai Dari Diri Sendiri

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Mamah Dedeh: Protokol Kesehatan Harus Dimulai Dari Diri Sendiri

MI/FRANSICO CAROLIO HUTAMA GANI
Sejumlah warga tidak menggunakan masker saat berada di Jembatan Multiguna kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/8).

 

Kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan harus menjadi perhatian bagi siapapun. Selama vaksin covid-19 belum tersedia, protokol kesehatan menjadi satu-satunya cara yang efektif sebagai tindakan pencegahan penyebaran. Hal tersebut turut menjadi sorotan Dedeh Rosyidah Syarifudin atau yang lebih akrab disapa Mamah Dedeh.

Ketika bersilaturahmi ke Graha BNPB, Mamah Dedeh yang didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo juga berkeliling di diorama BNPB untuk melihat bencana alam yang pernah terjadi serta potensi bencana yang ada di Indonesia.

Baca juga: Marak Klaim Obat Covid-19, YLKI: Penanganan Pandemi Buruk

Selain menghimbau untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, Mamah Dedeh juga mengingatkan pada kelompok usia rentan covid-19, termasuk kelompok lansia.

“Kita jaga diri sesuai dengan protokol kesehatan yang disampaikan para ahli, selalu cuci tangan, jaga jarak, terutama lansia apalagi nenek-nenek seperti saya,” kata Mamah Dedeh ketika berkunjung ke Graha BNPB, Jakarta, Senin (3/8).

Selain menganjurkan penerapkan protokol kesehatan, kita juga harus menjadi teladan dengan cara memberikan contoh dari diri kita sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan, sesuai sabda Rasul.

“Rasul mengatakan, ibda binafsik, dimulai dengan diri kita,” sebut Mamah Dedeh.

Mamah Dedeh turut mengajak seluruh masyarakat utamanya yang berasal dari Jawa Barat untuk bersama-sama menjaga kebersihan sekaligus menjaga diri dari covid-19.

Ulah kena (jangan sampai kena) virus korona, karena menjaga lebih mudah daripada mengobati, oleh karenanya saya mengajak ikutin protokol kesehatan,” tutur Mamah Dedeh.

Mamah Dedeh juga mengaskan bahwa menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin bukan ditujukan bagi diri sendiri maupun orang lain, namun juga bagi keselamatan orang banyak.

“Mari semuanya diperhatikan baik-baik jangan sampai lupa, karena ini bukan buat diri sendir, tapi untuk banyak orang, semoga semuanya melakukannya,” pungkas Mamah Dedeh. (H-3)

Baca Juga

Antara

Lagi, Orangutan Lahir di Pusat Reintroduksi Orangutan Jantho

👤Hendra Saputra 🕔Selasa 29 September 2020, 17:35 WIB
TIM Post Release Monitoring (PRM) di Pusat Reintroduksi Orangutan, di Cagar Alam Hutan Pinus Jantho, Aceh Besar menemukan satu induk...
ANTARA/ 	BUDI CANDRA SETYA

Kekerasan pada Anak Sebagian Besar Dilakukan Orang Tua

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 29 September 2020, 17:00 WIB
Berdasarkan data prevalensi kekerasan terhadap anak pada 2018, sebanyak 61,7% anak laki-laki dan 62% anak perempuan mengalami...
ANTARA/MOHAMAD HAMZAH

Cegah Kegagalan Terapi ARV pada ODHA dengan Pemeriksaan Viral Load

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 29 September 2020, 16:10 WIB
WHO merekomendasikan pemeriksaan viral load HIV (VL HIV) sebagai metode untuk memonitor efektivitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya