Senin 10 Agustus 2020, 18:45 WIB

Dua Gaya Selebrasi Bola Ini Bakal Dihapus

Galih Agus Saputra | Weekend
Dua Gaya Selebrasi Bola Ini Bakal Dihapus

Unsplash/ Abigail Keenan
Gaya selebrasi yang menyuruh diam dan jari "OK" bakal dihapus dari gim Fifa 21.

UPAYA untuk menghapus rasisme memang harus dilakukan total. Sebab itu pula pengembang gim sepak bola Electronic Arts (EA) bakal menghapus dua gaya selebrasi yang kini dikaitkan dengan bias rasisme.

EA yang merupakan pengembang permainan Fifa 21 akan menghapus gaya selebrasi ala perintah diam atau the sushing celebration yang dilakukan dengan meletakkan telunjuk di bibir dan gaya selebrasi "A-OK" yang dilakukan dengan mempertemukan ibu jari dan telunjuk hingga membentuk huruf O sementara tiga jari lainnya terbuka. 

Gaya selebrasi pertama kini dikaitkan dengan gaya menertawakan lawan dan juga sering dilakukan untuk menunda permainan setelah mencetak gol. Sementara gaya "A-OK" dianggap representasi atau simbol supremasi kulit putih.

Fifa 21‘s Lead Gameplay Producer, Sam Rivera menjelaskan komunitas pecinta sepak bola melayangkan aduan kepada mereka terkait perilaku tidak pantas dalam gim. "Kami menghapus beberapa selebrasi yang menurut orang bukanlah ide baik untuk disertakan dalam gim," tuturnya dikutip Independent.co.uk.

Selain untuk menekan perilaku menyinggung dan merendahkan orang lain, EA membuat perubahan itu untuk alasan praktis. Rivera menjelaskan selebrasi membuat alur menjadi pendek sehingga pengguna lebih sering menunggu ketimbang bermain.

"Niat yang ada hanyalah untuk membuat Anda tetap bermain daripada melakukan hal-hal yang mungkin tidak diperlukan dalam gim," imbuhnya.

Selain Fifa 21, pengembang gim perang Call of Duty: Modern Warfare baru-baru ini juga dikabarkan menghapus emoji "OK" dalam permainan. Simbol itu dikhawatirkan akan digunakan untuk mengomunikasikan sentimen ras. (M-1)
 

Baca Juga

Dok. Microsoft

Drive Hard Disk ‘Petabyte’ Pertama di Dunia Menggunakan Kaca

👤MI Weekend 🕔Senin 28 September 2020, 18:15 WIB
Cakram keras itu memiliki kapasitas setara 1 juta...
DailyMail

Selamat menjadi Ayah, Joaquin!

👤Fathurrozak 🕔Senin 28 September 2020, 16:30 WIB
Aktor Joaquin Phoenix menamai putranya River sebagai penghormatan kepada mendiang...
AFP/ISABELLE SCIAMMA

Valentino Gaet Levi's untuk Koleksi Musim Semi

👤Indrastuti 🕔Senin 28 September 2020, 13:50 WIB
Valentino meluncurkan koleksi musim semi 2021 di Milan, Italia, bukan di Paris seperti biasanya, sebagai bentuk dukungan desainer Piccoli...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya