Senin 10 Agustus 2020, 15:13 WIB

Pembentukan Lembaga Pengawas Independen Masti Masuk RUU PDP

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Pembentukan Lembaga Pengawas Independen Masti Masuk RUU PDP

Antara
Ilustrasi big data

 

KEBUTUHAN lembaga atau otoritas pengawas independen dalam RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dinilai sebagai hal yang tidak bisa ditinggalkan. Otoritas tersebut nantinya akan menjadi kunci pengawasan perlindungan data pribadi yang efektif.

“Salah satu puzzle dari RUU PDP ini adalah harus ada otoritas independen, karena hukum perlindungan data pribadi ini nanatinya akan mengikat pada semua pihak. Pada publik, swasta, dan pemerintah,” ujar Deputi Direktur Riset Elsam, Wahyudi Djafar, dalam webinar yang diadakan Perkumpulan Elsam, Senin, (10/8).

Wahyudi mengatakan, otoritas tersebut harus dipastikan bebas dari kepentingam berbagai pihak. Baik lembaga politik, pemerintah hingga swasta. Selain itu, juga harus memiliki anggaran sendiri yang tidak menempel pada lembaga lain.

“Otoritas ini juga harus bisa menegakkan hukum, dalam konteks perlindungan data harus bisa menjangkau semuanya tidak hanya pihak swasta tapi juga pemerintah,” ujarnya.

Dikatakan Wahyudi, saat ini rumusan draft RUU PDP belum mengakomodasi pembentukan otoritas tersebut.

“Yang harus ditetapkan ialah independensi kelembagaan, komisioner, organisasi, SDM, dan kontrol keuangan tidak boleh memengaruhi independensi. Fungsinya melakukan pemantauan kepatuhan seluruh pihak yang terkait perlindungan data, menerima pengaduan, meneyeselaikan sengketa, hingga melakukan koordinasi dan negosiasi dengan pihak-pihak terkait, pemerintah, swasta, hingga negara lain,” tutur Wahyudi. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Mohammad Ayudha

Bawaslu : Kampanye Hari Kedua Pilkada 2020 Masih Kondusif

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 27 September 2020, 21:24 WIB
"Belum ada temuan dan laporan kejadian menonjol," ujar...
DOK BPIP

BPIP Beri Advokasi Positif untuk Pegiat Kampung di Lumajang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 21:04 WIB
Salah satu tradisi dan budaya yang diangkat oleh kampung tematik ini adalah tradisi gotong royong dan kerja sama antar pegiat...
Antara

Pengamat: Tunda Pilkada Serentak atau Ubah Cara Pilih

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 September 2020, 19:45 WIB
DESAKAN penundaaan Pilkada Serentak 2020 masih terus bergulir setelah 2 organisasi besar keagamaan yaitu NU dan Muhammadiyah kompak meminta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya