Senin 10 Agustus 2020, 14:41 WIB

Palang Merah Kirim Relawan Covid-19 dan Banjir ke Korea Utara

Faustinus Nua | Internasional
Palang Merah Kirim Relawan Covid-19 dan Banjir ke Korea Utara

AFP
Ilustrasi

 

INTERNASIONAL Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Palang Merah telah melatih lebih dari 43 ribu sukarelawan ke Korea Utara, termasuk ke kota Kaesong yang dilockdown untuk membantu penanganan pandemi virus korona dan memberikan bantuan banjir.

Juru bicara Palang Merah Antony Balmain pada Senin (10/8) mengatakan bahwa pihaknya telah membangun jaringan relawan Korea Utara yang luas. Palang Merah akan membantu penduduk di 9 provinsi untuk menghindari virus dan mengurangi kerusakan akibat banjir dan tanah longsor.

Selain itu, hujan deras dan banjir dalam beberapa hari terakhir juga memicu kekhawatiran tentang kerusakan tanaman dan persediaan makanan di negara yang terisolasi itu.

Baca juga : Hartawan Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap Berdasarkan UU Keamanan

"Ratusan rumah rusak dan sebagian besar sawah terendam akibat hujan lebat dan banjir bandang," kata Balmain seperti dilansir CNA.

Di Kaesong, daerah yang tengah dilockdown dan banjir, sukarelawan IFRC memberikan bantuan kepada 2.100 keluarga paling berisiko. Bantuan itu termasuk terpal, peralatan dapur, selimut, perlengkapan kebersihan dan wadah air.

"Keluarga didukung dengan pertolongan pertama psikologis dan kegiatan penyadaran untuk menjaga kebersihan dan tetap sehat," tambah Balmain.

IFRC bulan lalu memberi Korea Utara kit yang dirancang untuk menjalankan 10.000 tes virus korona, di samping termometer inframerah, masker bedah, pakaian pelindung, dan alat pelindung lainnya. Meski belum diketahui jumlah kasus covid-19 negara itu, lockdown yang telah diberlakukan membuat organisasi internasional turut khawatir situasi pandemi di negara yang terisolasi itu.(CAN/OL-2)

 

Baca Juga

AFP/FETHI BELAID

Emir Kuwait Sheikh Sabah Meninggal di Usia 91 Tahun

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 30 September 2020, 01:48 WIB
Kepergian pemimpin Kuwait itu meninggalkan duka bagi rakyatnya. Dia dianggap oleh banyak orang Arab sebagai operator diplomatik yang cerdas...
AFP

Pertempuran Nagorno-Karabakh masih Membara

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 30 September 2020, 01:45 WIB
PERTEMPURAN sengit yang meletus, Minggu (27/9), antara pasukan militer Azerbaijan dan Armenia atas wilayah...
AFP

Korban Tewas Covid-19 Lampaui Satu Juta

👤MI 🕔Rabu 30 September 2020, 01:15 WIB
JUMLAH orang di seluruh dunia yang telah meninggal karena covid-19 kini telah melampaui satu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya