Senin 10 Agustus 2020, 14:35 WIB

Psst, Gaji ke 13 Juga Cair untuk ASN Eselon I dan II

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Psst, Gaji ke 13 Juga Cair untuk ASN  Eselon I dan II

Antara/Wahyu Putro
Menteri Keuangan Sri Mulyani

 

MENTERI  Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pejabat eselon I dan II akan mendapatkan gaji ke-13 yang akan mulai disalurkan pada hari ini, Senin (10/8). 

Hanya para pejabat negara, mulai dari presiden, wakil presiden, menteri, hingga gubernur yang tidak mendapatkan gaji ke-13.

Aturan mengenai gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan ke-13 Tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS, dan Pensiun.

"Untuk penegasan, pembayaran gaji ke-13 tidak untuk pejabat negara, dalam hal ini pejabat negara tidak diberi gaji ke-13 seperti THR, yakni menteri, anggota DPR, dan seluruh pejabat tinggi presiden, tidak mendapat gaji ke-13. Ini hanya untuk ASN, TNI, Polri, dan memasukkan eslon I dan II yang THR lalu tidak masuk dapat THR," ungkapnya dalam konferensi pers melalui daring, Senin (10/8).

Lebih lanjut, Ani (sapaan akrab Sri Mulyani) menambahkan komponen yang dibayarkan untuk gaji ke-13 antara lain adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan. Sedangkan tunjangan kinerja (tukin) dan yang sejenisnya tidak diperhitungkan dalam pembayaran gaji ke-13 tahun ini.

"Gaji dan pensiun ke-13 dibayarkan mulai hari ini tanggal 10 Agustus, sesuai kesiapan administrasi dan regulasi dari pemerintah pusat, dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) untuk pemerintah daerah," pungkas Ani.

Dengan penambahan ini, anggaran gaji ke-13 naik Rp300 miliar, dari sebelumnya dianggarkan Rp28,5 triliun menjadi Rp28,82 triliun.

Anggaran tersebut terdiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp14,83 triliun untuk pegawai aktif Rp6,94 triliun dan pensiunan Rp7,88 trilun, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp13,99 triliun. (E-1)

Baca Juga

Antara/Seno

Pemerintah Mendorong Petani Kopi Berkoperasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 10:46 WIB
Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) akan mendorong para petani memperkuat kelembagaan dengan membentuk...
ANTARA/Syaiful Arif

Penyederhanaan Cukai Rokok Dapat Ciptakan Monopoli

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 10:36 WIB
Karena cukai naik, penjualan petani tembakau lantas turun karena kuota pembelian pabrikan anjlok sampai...
Antara/Citro Atmoko

Investor Simak Debat Capres AS, Pergerakan Bursa Cenderung Datar

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 30 September 2020, 10:35 WIB
Bursa saham AS pada perdagangan semalam bergerak dalam teritori negatif. Dow Jones ditutup melemah -0,48%, S&P500 juga terkoreksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya