Senin 10 Agustus 2020, 12:26 WIB

Hampir 200 Dokter di India Meninggal karena Covid-19

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Hampir 200 Dokter di India Meninggal karena Covid-19

AFP/Indranil MUKHERJEE
Seorang perempuan mengikatkan 'rakhi' ke tangan seorang dokter dalam upacara penghormatan bagi pekerja kesehatan di Mumbai, India.

 

SEBANYAK 196 dokter di India, sebagian besar dari mereka adalah dokter umum, meninggal akibat terinfeksi covid-19. Hal itu dikatakan Asosiasi Medis India (IMA). Mereka pun meminta perhatian perdana menteri tentang masalah ini.

"Sesuai dengan data terbaru yang dikumpulkan IMA, negara kita telah kehilangan 196 dokter, 170 di antaranya berusia di atas 50 tahun, dengan dokter umum menyumbangkan sekitar 40% dari angka itu," kata IMA, Sabtu (8/8).

Mereka mengungkapkan keprihatinan atas keselamatan dokter yang kehilangan nyawa dalam perang melawan covid-19.

Baca juga: Australia Catatkan Hari Paling Mematikan Selama Pandemi

Sementara semakin banyak dokter yang terinfeksi dan kehilangan nyawa setiap hari, banyak dari mereka yang diketahui adalah dokter umum.

Karena sebagian besar penduduk berkonsultasi dengan dokter umum karena demam dan gejala terkait, mereka tetap menjadi titik kontak dan perawatan pertama, kata IMA.

Dalam surat kepada Perdana Menteri Narendra Modi, IMA meminta Modi untuk memastikan perawatan yang memadai bagi para dokter dan keluarga mereka yang merupakan kelompok risiko khusus.

Mereka juga meminta supaya pemerintah memperluas fasilitas asuransi kesehatan dan jiwa yang disponsori negara kepada para dokter di semua sektor.

Setidaknya 19,7 juta orang di seluruh dunia telah didiagnosis terjangkit covid-19 dan lebih dari 729.000 telah meninggal. Lebih dari 12 juta telah pulih. (Times of India/Al Jazeera/OL-1)

Baca Juga

AFP

Madrid Berisiko Serius tanpa Aturan yang Lebih Ketat

👤MI 🕔Senin 28 September 2020, 00:35 WIB
PEMERINTAH Spanyol mendesak pihak berwenang di Madrid untuk memperketat aturanaturan pembatasan virus korona...
Dok. Istimewa

Indonesia Bantah Tuduhan Vanuatu di Dewan HAM PBB

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 28 September 2020, 00:10 WIB
INDONESIA menolak tegas pernyataan delegasi Vanuatu pada sesi pembahasan Dialog Interaktif (Interactive Dialogue) dengan Pelapor Khusus...
AFP/Evan Schneider

Modi Janjikan Vaksin di India untuk Seluruh Dunia

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 27 September 2020, 20:50 WIB
"Sebagai negara penghasil vaksin terbesar di dunia, saya ingin memberikan satu jaminan lagi kepada komunitas global saat ini,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya