Senin 10 Agustus 2020, 09:47 WIB

Soal Ganjil Genap di Seluruh Jalan, Ini Respons Polda Metro

Tri Subarkah | Megapolitan
Soal Ganjil Genap di Seluruh Jalan, Ini Respons Polda Metro

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Anggota Kepolisian gelar sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

 

SETELAH mengaktifkan kembali kebijakan ganjil genap (gage) pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi menuju kenormalan baru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melempar wacana sistem tersebut dapat dilakukan sepanjang hari dan di seluruh ruas jalan.

Kepolisian yang memiliki fungsi penegakan hukum tidak mau berkomentar banyak soal hal tersebut.

"Silahkan tanyakan ke Dishub," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Senin (10/8).

Sambodo mengatakan penerapan gage sepanjang hari di seluruh ruas jalan dimungkinkan. Hanya saja perlu pemasangan rambu di jalan tersebut. Pemasangan rambu diketahui merupakan domain Dinas Perhubungan.

Baca juga: Penindakan Pelanggar Ganjil Genap Secara Manual dan e-TLE

Selain itu, Sambodo juga menjelaskan, sebelum menerapkan perluasan gage, perlu kajian yang matang dan memperhitungkan ruas jalan alternatifnya.

"Tapi kan tentu kita harus melihat jalan alternatifnya dan sebagainya, kita tunggu kajiannya. Jadi kalau terkait ada bagaimana tentang ganjil genal berlaku di seluruh jalan selama 24 jam, ya tanyakan ke pihak yang mengeluarkan pendapat tersebut. Itu bukan domain saya," tandas Sambodo.

Sebelumnya, wacana tersebut disampikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Menurut Syafrin, hal itu dimungkinkan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan.

"Jika dari hasil evaluasi ini baik, bisa saja apa yang disebutkan dalam Pergub No 51 tahun 2020 tentang PSBB Transisi yakni bisa diterapkan di seluruh jalan atau bisa diterapkan di seluruh waktu, atau bisa diterapkan bagi seluruh jenis kendaraan bermotor," papar Syafrin.

Selain berfungsi mengurai kemacetan, tujuan pemberlakuan gage saat PSBB masa transisi adalah untuk menekan transmisi covid-19. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

36 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:50 WIB
"Zona merah sebanyak 36 kecamatan, zona oranye tiga kecamatan, dan zona hijau satu...
Ilustrasi

Telusuri Korban Pelecehan Lain di Bandara Soetta, Polisi Cek CCTV

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 29 September 2020, 20:54 WIB
EFY menyusun rencana untuk menipu penumpang berinisial; LHI dengan menyatakan hasil tesnya reaktif dan meminta sejumlah uang untuk...
MI/Andri W

Pemprov DKI Tutup 113 Perusahaan Selama PSBB Jilid 2

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 29 September 2020, 20:15 WIB
PEMPROV DKI Jakarta telah menutup sebanyak 113 perusahaan atau perkantoran selama pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya