Senin 10 Agustus 2020, 03:25 WIB

Juara di Brno, Binder Bawa KTM Jadi Ancaman Bagi Yamaha

Widhoroso | Olahraga
Juara di Brno, Binder Bawa KTM Jadi Ancaman Bagi Yamaha

AFP/JOE KLAMAR
Pembalap KTM Brad Binder

PEMBALAP Brad Binder yakin kemenangannya bersama KTM di MotoGP Republik Ceko yang berlangsung di Sirkuit Brno, Minggu (9/8) adalah awal dari sesuatu yang luar biasa. Binder menjadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang memenangi balapan di kelas premier, sekaligus mempersembahkan kemenangan perdana bagi KTM sejak tim asal Austria itu melakukan debut di MotoGP pada 2017.

Runner-up Moto2 tahun lalu itu membutuhkan hanya tiga balapan di awal musim sebagai pembalap rookie untuk melakukan selebrasi di podium teratas. Binder mengalahkan pe,balap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli dan Johann Zarco dari tim Esponsorama Racing.

"Hari ini hari yang paling luar biasa di hidupku sejauh ini. Hari yang aku impikan sejak masa kecilku. Untuk hal ini terwujud di grand prix ketigaku itu membuatku merinding, jujur aku tak bisa mempercayainya," kata Binder seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Binder mengawali balapan dari posisi strat ketujuh dan mampu menjaga ritmenya untuk melakukan serangan di paruh kedua lomba. Sepuluh lap tersisa Binder memangkas jaraknya dengan pimpinan lomba
menjadi 0,2 detik. Satu lap kemudian, Binder tak menyia-nyiakan peluang dan menyalip Morbidelli untuk memimpin lomba hingga delapan lap tersisa.

"Setelah menyalip Morbidelli, aku menunggu di tiga lap terakhir mungkin seseorang akan mengejarku karena kecepatanku menurun cepat sekali dan ternyata semua orang demikian. Jadi aku menekan keras di tiga lap terakhir dan aku rasa itu adalah tiga lap terbersih yang pernah aku lakukan," jelasnya.

Binder mengungkapkan bagaimana cara kerja kru timnya yang sangat gigih mengembangkan motor KTM, yang dibantu juga oleh legenda MotoGP Dani Pedrosa selama ini. Pedrosa yang merupakan mantan pembalap Repsol Honda, merupakan pembalap tes KTM sejak tahun lalu 2019.

"Tentunya ada peran Pedrosa dan juga upaya tim yang sangat besar. Banyaknya orang yang bekerja di boksku itu membuat merinding, gila, aku masih tidak terbiasa dengan itu," jelas Binder.

Binder telah membalap dengan KTM sejak di Moto3 dan Moto2 dan merasakan podium teratas di kedua kelas tersebut, namun kemenangan di MotoGP ini terasa sangat berbeda. Binder kini menatap pertarungan selanjutnya ketika MotoGP pekan depan menyambangi Red Bull Ring di kandang KTM, Austria. (Ant/R-1)
 

Baca Juga

AFP

Kebangkitan Adebayo Antar Heat ke Final

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 02:45 WIB
MIAMI Heat resmi menjadi lawan Los Angeles Lakers di babak final NBA setelah merebut gim keenam dari Boston Celtics di partai...
AFP

Ramai-Ramai Keluhkan Bola di Prancis Terbuka

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 01:35 WIB
PETENIS Spanyol Rafael Nadal menilai ada sejumlah hal yang diperkirakan bisa menyulitkannya untuk kembali menjuarai Prancis...
Anne-Christine POUJOULAT / AFP

Svitolina Melenggang ke Babak Kedua Perancis Terbuka

👤Antara 🕔Selasa 29 September 2020, 01:34 WIB
Elina Svitolina sukses mengatasi perlawanan yang disajikan Varvara Gracheva pada babak pembuka dan lolos ke babak kedua French Open 2020...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya