Senin 10 Agustus 2020, 00:34 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Sumut Alami Penurunan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kasus Positif Covid-19 di Sumut Alami Penurunan

DOK.MI
Ilustrasi

 

KASUS positif Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengalami penurunan dalam seminggu terakhir dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Pekan ini jumlah kasus positif Covid-19 di Sumut berjumlah 682, menurun dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai 755 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Whiko Irwan mengungkapkan dengan penambahan tersebut sampai Minggu (9/8), kasus positif Civid-19 di Sumut menjadi sebanyak 4.819. "Sedangkan kasus suspek 565 orang,  225 orang, sembuh 2.070 orang, dengan jumlah spesimen sebanyak 26.571 sampel," paparnya, Minggu (9/8).

Whiko mengatakan, Satgas Sumut berharap penurunan tersebut dapat terus berlanjut pada pekan-pekan selanjutnya. Penurun ini menjadi pertanda bahwa upaya penanganan terpadu yang dilakukan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi lima hari lalu, mulai membuahkan hasil.

Selasa (4/8), Eddy Rahmayadi memanggil pimpinan dari tiga daerah yaitu Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang, terkait dengan terus melonjaknya kasus positif Covid-19. Pemprov Sumut kemudian mengambilalih penanganan pandemi Covid-19 di tiga daerah tersebut.

Dengan kebijakan ini, penanganan pandemi di ketiga daerah itu diambil alih tim oleh Satgas Sumut. Secara teknis, dalam penanganan terpadu tersebut dilakukan tindakan isolasi berdasarkan pengelompokan orang yang terkonfirmasi Covid-19. Yakni kelompok dengan gejala ringan, gejala sedang, gejala berat dan tanpa gejala.

Lalu dibentuk tim terpadu yang bertugas mendisiplinkan warga mematuhi protokol kesehatan. Pengawasan terhadap tempat-tempat keramaian juga diperketat dan akan diberikan tindakan lebih tegas kepada pemilik atau pengelola yang melanggar protokol kesehatan. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

Zona Oranye, Agam Tetap Perketat Protokol Kesehatan

👤Yose Hendra 🕔Selasa 29 September 2020, 19:00 WIB
Meski telah menjadi zona oranye dari sebelumnya zona merah, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, tetap pada komitmen menerapkan...
Medcom.id

Sebaran Covid-19 Denpasar Merambah Klaster Keluarga

👤Ruta Suryana 🕔Selasa 29 September 2020, 18:50 WIB
Perangkat desa diimbau mengintensifkan program kerja guna menurunkan risiko...
DOK MI

KPID Riau Waspadai Maraknya Lembaga Penyiaran Siluman saat Pilkada

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 29 September 2020, 18:45 WIB
Saat ini data lembaga penyiaran yang telah memiliki izin tetap di provinsi Riau sebayak 107 lembaga penyiaran yang terdiri dari lembaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya