Minggu 09 Agustus 2020, 16:55 WIB

Kemendikbud Susun Modul Pembelajaran di Rumah Bagi PAUD dan SD

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Kemendikbud Susun Modul Pembelajaran di Rumah Bagi PAUD dan SD

Ist/Kemendikbud
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara Pengumuman Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Jumat (7/8).

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan modul pembelajaran khusus bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD).

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, modul-modul ini memuat materi spesifik yang dapat dijalankan oleh guru dan orang tua secara independen di rumah selama pembelajaran jarak jauh(PJJ) di masa pandemi.

“Modul belajar untuk PAUD fokus kepada ‘bermain adalah belajar’, itu tema kuncinya. Ini agar lebih meningkatkan psikososial, meningkatkan kesenangan belajar di rumah, dan menurunkan kebosanan yang sering dialami anak-anak,” kata Nadiem dalam acara Pengumuman Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Jumat (7/8).

Modul yang dirancang Direktorat PAUD tersebut menunjang tugas guru dalam tiga kategori yaitu merancang pembelajaran, mengimplementasikan dan menilai tumbuh kembang anak.

Kemudian menunjang pembelajaran komunikasi dan bekerja sama dengan orangtua di masa pandemi, serta menunjang pembelajaran memanfaatkan TIK di masa belajar dirumah.

Pilihan topik dari buku saku PAUD yang disediakan Kemendikbud antara lain, Bermain Matematika yang Menyenangkan dengan Anak di Rumah, Bermain Bahasa di Rumah dalam Melaksanakan Belajar dari Rumah, Bermain Musik dan Gerak, Bermain Seni Kriya, Bermain Sains, dan Media Daring.

Bahan ajar belajar di rumah bagi PAUD ini dapat diunduh melalui https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/buku-saku-paud/.

Sedangkan modul untuk jenjang SD berorientasi kepada kompetensi esensial yaitu literasi, numerasi, pendidikan karakter, dan kecakapan hidup, serta kompetensi dasar yang mencakup berbagai mata pelajaran.

Modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan, khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak.

Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada kompetensi dasar dalam penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran.

Nadiem menjelaskan, perbedaan modul-modul ini dari modul yang sebelumnya disusun Kemendikbud yakni terkait isi yang memberikan pendampingan secara spesifik bagi guru dan orang tua selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ), serta siswa dalam beraktivitas di rumah.

“Ini konteksnya aktivitas yang bisa dilakukan di rumah, pendampingan orang tua jelas dan spesifik apa peran orang tua dan apa yang harus dilakukan orang tua, serta interaksi bagi guru menjadi sangat mudah,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan adanya modul ini dapat mempermudah guru untuk memfasilitasi dan memantau pembelajaran siswa di rumah dalam kondisi khusus serta menjadi tips dan strategi bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah.

Modul belajar bagi siswa tingkat SD dapat diunduh di https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tingkat-sd-modul-belajar-literasi-numerisasi/. (Aiw/OL-09)

 

Baca Juga

Antara

Pasien Sembuh di Wisma Atlet Kemayoran capai 15.298

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 27 September 2020, 14:05 WIB
SEBANYAK 15.298 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga Minggu (27/9) telah...
Antara

Dokter Curhat ke Jokowi atas Berkurangnya Tenaga Medis Covid

👤Andhika prasetyo 🕔Minggu 27 September 2020, 13:35 WIB
DOKTER Spesialis Paru di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Faisal Rizal Matondang mengungkapkan, saat ini, di tempat ia...
Dok. Pribadi

Pemerhati Pendidikan: Pelajaran Sejarah dan Budaya Sumber Moral

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 27 September 2020, 12:00 WIB
Pakar: Komponen pembentuk karakter positif yaitu moral knowing, moral feeling atau perasaan tentang mental dan moral action atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya