Minggu 09 Agustus 2020, 16:07 WIB

8% dari Total Kasus Covid-19 di DKI di bawah Usia 19 Tahun

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
8% dari Total Kasus Covid-19 di DKI di bawah Usia 19 Tahun

Dok MI
Ilustrasi Covid-19

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan 8% dari total kasus positif Covid-19 di Ibu Kota ialah anak usia di bawah 19 tahun. Saat ini, jumlah kasus virus menular itu mencapai 25.242 orang.

"8% dari total kasus Covid-19 di Jakarta adalah anak usia di bawah 19 tahun (Data Dinkes DKI Jakarta). Kita ikut menentukan cepat atau lambatnya penyelesaian pandemi ini. Mari tetap di rumah, hindari keramaian dan kerumunan," kata Riza dalam akun instagram @bangariza, Minggu (8/9).

Baca juga: Polri Yakin Kasus Joko Terkuak di Pengadilan

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr. Dwi Oktavia Handayani menjelaskan, banyak anak yang berusia di bawah 19 tahun banyak yang tidak merasakan gejala Covid-19 alias orang tanpa gejala (OTG).

"Karena merasa enggak ada gejala Covid-19, jadi banyak yang santai-santai. Oleh karenanya dari usia muda harus dijaga kesehatan dan hindari dulu aktivitas di luar rumah," jelas Dwi saat dikonfirmasi.

Untuk anak kecil yang positif Covid-19, Dwi mengungkapkan, kebanyakan kasus tertular dari orang tua mereka atau saudara lainnya yang kerap berkativitas di luar. Pasalnya, kegiatan sekolah masih ditutup selama PSBB transisi.

Penularan Covid-19, kata Dwi, juga bisa terjadi kepada kelompok rentan, seperti lansia dan memiliki penyakit penyerta misalnya dengan penyakit diabetes, ginjal, dan lainnya.

"Apalagi orang yang sering beraktivitas di luar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan, saat di rumah bisa menularkan ke orang tua atau anak kecil," pungkas Dwi. (OL-6)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

September, 900 Jenazah dimakamkan di TPU Covid-19 Pondok Ranggon

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 18:00 WIB
Sebanyak 900 jenazah covid-19 yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon. Angka ini terhitung sejak 1 September-28 September...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

DPRD Sebut Lockdown Mini di Jakarta Lebih Efektif Ketimbang PSBB

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 17:30 WIB
Dengan lockdown mini geliat ekonomi dinilainya masih bisa bergerak karena sifatnya lokal di daerah tertentu berdasarkan...
MI/Andri Widiyanto

3 Lokasi Isolasi Terkendali di DKI Ini Sediakan 166 Kamar

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 17:20 WIB
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah 166 kamar isolasi untuk pasien covid-19 yang masuk kategorio orang tanpa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya