Minggu 09 Agustus 2020, 14:45 WIB

NasDem: Karyawan yang Positif Covid-19 Tak Boleh di-PHK

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
NasDem: Karyawan yang Positif Covid-19 Tak Boleh di-PHK

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GAN
Pekerja melintas di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat waktu pulang kerja (6/8/2020)

 

Fraksi NasDem DKI Jakarta menegaskan perusahaan harus melindungi karyawannya yang positif covid-19. Pasalnya hal itu tercantum dalam ketentuan dari Kementerian Ketenagakerjaan.

"Ketentuan dari pemerintah pusat dikeluarkan untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi tenaga kerja yang terinveksi virus covid-19," kata Ahmad Lukman Jupiter kepada mediaindonesia.com, Jakarta, Minggu (9/8).

Diketahui, dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/8/HK.04/V/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh Dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja Pada Kasus Penyakit Akibat Kerja (PAK) Karena Covid-19, disebutkan tenaga kerja yang mengalami PAK karena covid-19 berhak atas manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Baca juga: DPRD: Banyak Karyawan yang Diancam karena Laporkan Kasus Covid-19

Dengan adanya SE tersebut, Jupiter mengatakan harus jadi pedoman Pemprov DKI untuk mengawasi kantor agar memberikan perlindungan terhadap pegawainya. Termasuk dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK)

"Jika ada karyawan yang dipecat karena covid-19, karyawan itu bisa melaporkan ke Dinas Tenaga kerja DKI," tegas Jupiter.

Anggota Komisi C DPRD DKI itu mengatakan bagi karyawan yang terjangkit covid-19 harus dikarantina atau dibawa ke rumah sakit rujukan. "Serta ada pemantauan status kesehatan harian oleh Dinas Kesehatan," lanjutnya.

Selain itu, jajaran Gubernur Anies Baswedan diminta secara serius fokus pada pengendalian penyebaran covid-19 di perkantoran. Pembatasan kapasitas karyawan 50%, menurut Jupiter masih jadi kendala alias masih banyak perusahaan yang tidak patuh menerapkan hal itu. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO/Kota Bogor

Evaluasi PSBB Bersama Wilayah Penyangga

👤Put/Hld/J-2 🕔Rabu 30 September 2020, 06:51 WIB
Pada PSBB jilid pertama Pemprov DKI berhasil menekan penularan kasus hingga 70%, lebih tinggi ketimbang PSBB jilid 2 yang baru mencapai...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Ini Upaya Dinas SDA DKI Antisipasi Banjir

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 06:50 WIB
Upaya tersebut merupakan bagian dari program Gerebek Lumpur, yaitu upaya pencegahan genangan dan banjir yang dilakukan secara serentak dan...
MI/Rommy Pujianto

Cuaca Jakarta Diprediksi Cerah Hari Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 06:18 WIB
BMKG tidak mengeluarkan adanya peringatan dini mengenai cuaca yang harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya