Minggu 09 Agustus 2020, 14:39 WIB

KLHK Luncurkan Festronik Limbah B3

Ihfa Firdausya | Ekonomi
KLHK Luncurkan Festronik Limbah B3

Ilustrasi
Limbah B3

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan transisi sistem pengangkutan Limbah B3 dari manifes manual/kertas menjadi Manifes Elektronik (FESTRONIK).

Aplikasi FESTRONIK 2020 merupakan aplikasi yang terus dimutahirkan. Ini bertujuan agar limbah B3 yang diangkut sampai kepada pengelola akhir terdeteksi dengan baik.

Melalui Peraturan Menteri LHK Nomor P.4/Menlhk/Setjen/Kum.1/1/2020 tentang Pengangkutan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, penggunaan FESTRONIK per tanggal 1 Agustus 2020 menjadi kewajiban.

Selaras dengan hal tersebut, sistem online/digital pun telah berlaku sejak tahun 2016 untuk pelaporan limbah B3 oleh para penghasil limbah. Laporan diberikan setiap triwulanan melalui Aplikasi Pelaporan Kinerja Pengelolaan Limbah B3 (SIRAJA).

Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3.

Baca juga : Semangat Gapoktan Baniara-Samosir Garap Kentang dan Ubijalar

“Sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengangkutan Limbah B3, KLHK telah melakukan transisi ke manifes elektronik (FESTRONIK). Untuk percepatan Integrasi Pusat Data Nasional, maka FESTRONIK diintegrasikan dengan Aplikasi Pelaporan Kinerja Pengelolaan Limbah B3 - SIRAJA. Dengan demikian pergerakan jumlah limbah B3 dapat terlihat secara real-time mulai dari hasilkan, diangkut sampai dengan dikelola akhir dengan hanya menggunakan single akun," jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati dalam keterangan resmi, Minggu (9/8).

Menurutnya, Badan usaha dan/atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 wajib memiliki akun Pengelolaan Limbah B3. Bagi Usaha dan/atau Kegiatan yang belum memiliki akun, KLHK memberikan percepatan mulai tanggal 3 s/d 14 Agustus 2020 melalui pengisian formulir registrasi online.

"KLHK juga membuka akses konsultasi tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol covid-19 yang dilaksanakan di Hotel Best Western Premier The Hive," imbuh Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3, KLHK Sinta Saptarina Soemiarno. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

PTPN Targetkan 2 Juta Ton Gula Konsumsi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 07:47 WIB
Luas areal tanam yang harus ditambah mencapai 300.000 hekare dengan produktivitas tebu 7 ton per...
Ist/posindonesia.com

Survive di Pandemi, Ini Terobosan Pos Indonesia Lewati Masa Sulit

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 07:30 WIB
os Indonesia bergerak cepat membuat berbagai terobosan, berinovasi pada lini jasa kiriman, yaitu meluncurkan Aplikasi...
MI/Dwi Apriani

Delapan Kontrak Gas masih Mahal akibat Toll Fee

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 07:22 WIB
Penurunan harga gas menjadi US$6 per MMBTU menghasilkan penghematan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya