Minggu 09 Agustus 2020, 09:38 WIB

Pelibatan TNI Hadapi Terorisme akan Rusak Desain TNI dan Polri

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
Pelibatan TNI Hadapi Terorisme akan Rusak Desain TNI dan Polri

ANTARA/Muhammad Adimaja
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (ketiga kiri).

 

RENCANA pelibatan TNI menangani teroris dinilai akan melemahkan reformasi sektor keamanan. Padahal, peran dan fungsi TNI sudah tertuang dalam TAP MPR.

"Bisa merusak desain TNI dan Polri sebagaimana amanat reformasi sektor keamanan," kata Ketua Setara Institute Hendardi saat dihubungi, Minggu (9/8).

Amanat yang dimaksud yakni TAP MPR VI/MPR/2000 tentang Pemisahan TNI dan Polri. Selain itu, TAP MPR VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan Polri.

Baca juga: DPR Diminta Cermat Bahas Perpres Pelibatan TNI Tangani Terorisme

Hendardi mengatakan pembagian peran TNI dan Polri sudah jelas. TNI bergerak di bidang pertahanan sedangkan Polri menjaga keamanan, menciptakan ketertiban, dan menegakkan hukum.

TNI, kata Hendardi, adalah alat pertahanan dalam ranah sipil. Selain itu penegakan hukum hanya diperkenankan atas dasar kebijakan politik negara, dan ada batas waktu.

"Sementara, dalam desain pelibatan TNI dalam memberantas tindak pidana terorisme, pelibatan itu bersifat permanen," ujar dia.

Hendardi menilai hal itu melampaui tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang (OMSP). Menurut dia, TNI baru membantu jika Polri sebagai unsur utama sudah tidak mampu menangani terorisme. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

KPK Eksekusi Rohadi ke LP Sukamiskin

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 28 September 2020, 11:48 WIB
Rohadi akan menjalani pidana penjara selama lima tahun dikurangi selama berada dalam tahanan dan diperhitungkan dengan pidana penjara yang...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Usut Nurhadi, KPK Periksa Advokat

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 28 September 2020, 11:37 WIB
Ia berstatus sebagai saksi untuk tersangka suap dan gratifikasi terkait dengan perkara di Mahkamah Agung (MA) pada 2011-2016, Nurhadi...
MI/Yose Hendra

DMI: Masjid dan Musala Harus Bersih Dari Pilkada

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 11:28 WIB
Dewan Masjid Indonesia mengeluarkan maklumat agar para anggota DMI netral selama Pilkada. Juga menjadikan masjid dan musala bersih dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya