Sabtu 08 Agustus 2020, 13:40 WIB

Realisasi Investasi di Jakarta Tertinggi Nasional

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Realisasi Investasi di Jakarta Tertinggi Nasional

MI/Galih Pradipta
Tugu Selamat Datang DKI Jakarta

 

PROVINSI DKI Jakarta mencatatkan nilai realisasi investasi tertinggi secara nasional pada triwulan II 2020 (periode April - Juni) dengan total nilai investasi sebesar Rp30,1 triliun.

Selama periode triwulan II 2020 realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) DKI Jakarta, sebesar US$ 0,8 miliar atau setara dengan Rp12,2 triliun dengan kurs APBN 2020 US$1= Rp14.400 dan realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) DKI Jakarta, sebesar Rp17,9 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra merinci sektor usaha yang mencatatkan nilai realisasi investasi tinggi dan menarik minat investor dalam menanamkan modalnya di Jakarta.

Bagi investor penanaman modal asing (PMA) sektor usaha yang paling diminati adalah perumahan, kawasan industri dan perkantoran dengan nilai realisasi investasi sebesar, US$ 308 juta atau berkontribusi sebesar 36% dari total realisasi investasi PMA DKI Jakarta pada triwulan II 2020.

"Sementara sektor usaha transportasi, gudang, dan telekomunikasi menjadi sektor yang paling diminati oleh investor PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri), sebesar dari Rp6,6 triliun pada triwulan II 2020,” kata Benni dalam keterangan resminya, Sabtu (8/8).

Sementara data realisasi investasi PMA dan PMDN berdasarkan wilayah kota administrasi, paling tinggi berada di Jakarta Selatan dengan total realisasi investasi sebesar Rp13,5 triliun terdiri dari PMA sebesar Rp8,3 triliun dan PMDN sebesar Rp5,2 triliun.

Baca Juga: DIY Belum Putuskan Penerapan Kurikulum Darurat

Wilayah kota administrasi dengan realisasi investasi tertinggi kedua, Jakarta Pusat dengan realisasi investasi sebesar Rp8,8 triliun terdiri dari PMA sebesar Rp1,7 triliun dan PMDN Rp7,1 triliun. Lalu di tempat ketiga, Jakarta Utara dengan realisasi investasi sebesar Rp3,4 triliun terdiri dari PMA sebesar Rp936 miliar dan PMDN sebesar Rp2,5 triliun.

Keempat, Jakarta Barat dengan realisasi investasi Rp2,3 triliun terdiri dari PMA Rp430 miliar dan PMDN Rp1,9 triliun dan Jakarta Timur dengan realisasi investasi sebesar Rp2 triliun terdiri dari PMA sebesar Rp799 miliar dan PMDN Rp1,2 triliun.

“Kami terus melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyusun strategi dan solusi penguatan iklim investasi di Jakarta serta aktif melakukan promosi dalam berbagai forum investasi yang diselenggarakan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam upaya pencegahan covid-19," pungkas Benni.(OL-13)

Baca Juga

ANTARA/Aprillio Akbar

Epidemiolog: Kasus Melandai, Tapi Efektivitas PSBB Jakarta Menurun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 29 September 2020, 15:55 WIB
Mobilitas warga di luar rumah saat ini masih berkisar 50% yang beraktivitas di luar rumah, sementara pada PSBB jilid 1, hanya...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

PSBB, DPRD Minta Anies Dorong Pusat Beri BLT ke Warga DKI

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 29 September 2020, 15:20 WIB
BLT  dibutuhkan masyarakat untuk mendorong roda perekonomian di masyarakat. Namun, kebijakan BLT ini memang milik Pemerintah...
MI/Irvan

Lift Khusus Anggota DPR Terbakar

👤Putra Ananda 🕔Selasa 29 September 2020, 14:15 WIB
LIFT khusus yang diperuntukan bagi anggota DPR RI terbakar. Lift ini berada di Gedung Nusantara 1...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya