Sabtu 08 Agustus 2020, 07:38 WIB

Kecelakaan Air India Express, 17 Tewas Termasuk Pilot

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Kecelakaan Air India Express, 17 Tewas Termasuk Pilot

Favas JALLA / AFP
Pesawat Air India Express tergelincir saat mendarat Bandara Internasional Kozhikode (CCJ) di Karipur. Jumat (7/8/2020) menewaskan 17 orang.

 

SEDIKITNYA 17 orang, termasuk pilot dan co-pilot, tewas ketika sebuah pesawat Air India Express Dubai-Calicut yang membawa 190 penumpang. Pesawat itu tergelincir dari landasan pacu di Bandara Internasional Kozhikode (CCJ) Karipur, Kerala, dan jatuh ke lembah sebelum terbelah menjadi dua bagian. Insiden itu terjadi sekitar pukul 19.40 waktu setempat, Jumat (7/8), di tengah hujan lebat di daerah tersebut.

Pesawat dengan nomor penerbangan IX-1344 dari Dubai adalah bagian dari Misi Vande Bharat, yang dimaksudkan untuk membawa pulang orang-orang yang terlantar di seluruh dunia di tengah pandemi covid-19. Beberapa penumpang terluka dan dilarikan ke fasilitas medis. Dalam sebuah pernyataan, Direktur Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) mengatakan pesawat tergelincir dari landasan pacu, menabrak dinding dan kemudian jatuh ke lembah, terbelah menjadi dua.

Sementara pihak maskapai mengatakan penerbangan Air India Express IX 1344 adalah pesawat B-737 yang membawa 174 penumpang, 10 bayi, dua pilot, dan lima awak kabin. Tidak ada kebakaran yang dilaporkan pada saat pendaratan. Menanggapi kecelakaan itu, Kepala Menteri Kerala Pinarayi Vijayan telah menginstruksikan polisi dan petugas pemadam kebakaran untuk mengambil tindakan segera setelah kecelakaan pesawat di Bandara Internasional Kozhikode (CCJ) di Karipur.

Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan rasa duka mendalam atas musibah itu. Oa pun telah berbicara dengan Vijayan.

"Sedih atas kecelakaan pesawat di Kozhikode. Pikiranku bersama mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai. Semoga yang terluka pulih dengan cepat. Saya sudah berbicara dengan Kerala CM tentang situasi tersebut. Pihak berwenang ada di tempat, memberikan semua bantuan kepada mereka terdampak," kata Modi.

baca juga: Infeksi Korona di India Melewati 2 Juta Kasus

Data Flight Radar 24 menunjukkan pesawat berputar-putar di sekitar bandara sebelum mencoba mendarat. Korban selamat mengatakan kepada saluran televisi lokal pesawat jet itu naik turun berkali-kali sebelum mendarat dan bencana terjadi setelah pesawat menyentuh landasan. Saksi mata mengatakan ada asap yang mengepul di lokasi jatuhnya pesawat dan pesawat terbelah menjadi dua bagian. (The Indian Express/OL-3)
 

Baca Juga

AFP

Kanselir Jerman Khawatir dengan Lonjakan Cepat Kasus Korona

👤Nur Aivanni 🕔Senin 28 September 2020, 18:24 WIB
Merkel pun meminta warga untuk menjaga kebersihan dan menggunakan masker jika menjaga jarak sosial tidak bisa...
AFP

Kasus Covid-19 di India Lampaui 6 juta

👤Nur Aivanni 🕔Senin 28 September 2020, 12:45 WIB
Perdana Menteri Narendra Modi meminta orang-orang untuk tetap mengenakan penutup wajah ketika mereka keluar...
AFP/NELSON ALMEIDA

Kasus Harian Akibat Covid-19 di Brasil Alami Peningkatan

👤Nur Aivanni 🕔Senin 28 September 2020, 11:53 WIB
Sao Paulo sejauh ini mencatat 35.108 kematian, yang diikuti oleh Rio de Janeiro, dengan 18.278 kematian akibat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya