Sabtu 08 Agustus 2020, 06:53 WIB

Giliran Hadi Laporkan Muannas ke Polisi

Tri/J-2 | Megapolitan
Giliran Hadi Laporkan Muannas ke Polisi

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi mencegah COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020).

 

KASUS dugaan berita bohong yang diperkarakan Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid berbuntut panjang. Kali ini giliran Hadi Pranoto yang mengadukan Muannas ke Polda Metro Jaya terkait tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Laporan bernomor LP/4648/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ itu dibuat oleh kuasa hukum Hadi, Muhammad Nur Aris, Kamis (6/8) malam. Muannas disebut melanggar Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU 19/2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang ITE dan Pasal 310 dan 311 KUHP.

Kabid Humas PMJ Kombes Yusri Yunus mengatakan laporan pencemaran nama baik itu sedang diteliti penyidik. “Sudah diteliti oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya,” kata Yusri, kemarin.

Muannas Alaidid mengaku menghormati keputusan pihak Hadi Pranoto atas pelaporan terhadap dirinya. Ia menyinyalir pelaporan itu merupakan bentuk kepanikan karena kebohongan Hadi atas klaimnya terkait obat covid-19 yang mulai terbongkar. “Hak setiap warga negara melakukan setiap upaya hukum. Kita hormati saja,” katanya.

Sebelumnya, polisi meningkatkan status kasus dugaan berita bohong yang dilakukan Hadi dan musikus Erdian Aji Prihartanto alias Anji ke tahap penyidikan. Kasus itu dilaporkan Muannas Alaidid.

Kemarin, penyidik sudah melayangkan surat panggilan kepada Anji dan Hadi. “Senin depan dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan terhadap Hadi akan dilakukan setelah penyidik memeriksa Anji,” ujar Yusri.

Yusri menjelaskan alasan polisi memanggil Anji terlebih dahulu karena laporan polisi yang diterima berkaitan dengan tindak pidana penyebaran berita bohong.

Anji mengunggah video di kanal Youtube miliknya, Duniamanji, dengan judul Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!
(Part 1).

Video itu berisi wawancara Anji dengan Hadi yang mengklaim telah menemukan obat berupa antibodi covid-19. Video tersebut kemudian menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. (Tri/J-2)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Ditargetkan ada 18 Hotel untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Senin 28 September 2020, 19:46 WIB
a menjelaskan, Ibis Style Mangga Dua difokuskan bagi pasien yang berasal dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta...
MI.Andri widiyanto

Ada 2 Hotel Untuk Isolasi Mandiri di DKI Jakarta, Ini Prosedurnya

👤Hilda Julaika 🕔Senin 28 September 2020, 19:22 WIB
Ke-2 hotel itu ialah Ibis Style Mangga Dua dan U Stay Mangga Besar. Biaya isolasi di 2 hotel itu ditanggung oleh pemerintah...
SUMARYANTO BRONTO

Ratusan Pendekar Banten Dukung Kinerja Erick

👤Wibowo Sangkala 🕔Senin 28 September 2020, 19:05 WIB
Dalam deklarasinya, pendekar Banten menolak cara-cara yang tidak konstitusional dan cenderung menyerang kehormatan seseorang pejabat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya