Sabtu 08 Agustus 2020, 04:40 WIB

Alat Portabel untuk Sehat di Masa Pandemi

Fetry Wuryasti | Weekend
Alat Portabel untuk Sehat di Masa Pandemi

DOK IHEALTH
Pengukur Gula darah Wireless Smart Gluco-Monitoring System.

=PANDEMI yang masih tinggi risikonya memaksa banyak orang seminimal mungkin ke luar rumah. Sebisa mungkin pengecekan kesehatan dilakukan di rumah dengan alat-alat kesehatan portabel yang memungkinkan orang, termasuk mereka dengan penyakit bawaan, bisa mengecek secara berkala kondisi kesehatannya.

Seandainya pun harus keluar rumah, Anda harus memastikan benda-benda yang akan Anda pegang, sentuh, dan genggam sudah bersih dari kuman. Beberapa alat inovatif portabel ini mungkin bisa meringankan hidup Anda.

 

1. Monitor EKG Pribadi Anda

DOK SNAP ECG

 

Di rumah, Anda tetap bisa memonitor elektrokardiogram (EKG), yaitu tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung Anda. Alat bernama Snap ECG ini bisa dihubungkan dengan aplikasi bernama serupa dari android Anda.

Alat dari Tiongkok ini bisa digunakan cukup dengan menempelkan satu jari dari tiap-tiap tangan Anda. Biasanya jari telunjuk. Kemudian alat akan melakukan skrining untuk menangkap informasi abnormal dan mengevaluasi detak jantung normal dan tren ritme jantung Anda.

Di platform e-commerce, Anda dapat menemukannya dibanderol Rp2 juta sampai Rp3 jutaan.

 

2. Pemutih Gigi Portabel dengan Sinar

DOK HALODENT

 

Mungkin sudah waktunya Anda melakukan perawatan pemutihan gigi ke dokter? Jika Anda cemas untuk pergi mengunjungi dokter gigi Anda, barangkali produk pemutih gigi ini bisa sedikit menolong.

Halodent mengeluarkan produk Teeth Whitening Unit, yaitu alat pemutih gigi menggunakan lampu LED biru dan kelengkapan pemutih gigi. Butiran gel nanometer di permukaan dan dekomposisi cahaya mampu mengurai molekul warna untuk memenuhi efek pemutihan gigi.

 

3. Pengukur Oksigen Jantung, Tekanan Darah Portabel, hingga Cek Kolesterol Tubuh

DOK LIVOTECH

 

Dengan ukuran sebesar genggaman, fingertip pulse oximeter mampu mendeteksi oksigen dalam darah dan denyut nadi dengan cepat dan akurat, dan dengan alarm abnormal.

Anda hanya perlu memasukkan jari telunjuk ke lubang pada alat. Angka-angka hasil pengukuran akan terpampang pada layar LED di permukaan alat Harganya pun terjangkau, mulai Rp150 ribu di marketplace. #Untuk mengukur tensi digital dan portabel, masyarakat mungkin sudah mafhum dengan produk Omron. Dengan alat tensi darah digital, Anda cukup memasangkan manset pada posisi di atas lekukan lengan atau di atas siku.

Kemudian teknologi pengindraan alat akan memompa manset hingga mencapai tingkat yang ideal dalam setiap penggunaannya.

Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan untuk memilih tingkat tekanan. Hal ini sangat memudahkan bagi pengidap hipertensi dan aritmia tertentu maupun gangguan jantung karena tekanan darah mereka cenderung fluktuatif. Harganya di e-commerce mulai dari Rp400 ribuan.

DOK IHEALTH

 

Untuk mengukur gula darah, ada Wireless Smart Gluco-Monitoring System yang mengukur kadar glukosa dalam darah dan kemudian menampilkannya di ponsel cerdas Anda.

Produknya yaitu Contour NEXT Diabetes Testing Kit dan iHealth Smart Wireless Gluco- Monitoring System yang bisa dihubungkan dengan smartphone melalui aplikasi bawaan sehingga pengguna bisa mengukur kadar gula darah dan memantaunya dari waktu ke waktu. Hasil pengukurannya bisa dibagikan dengan dokter dan bisa memberikan peringatan saat kadar gula pengguna sudah mencapai batas kritis.

Perangkat ini juga memiliki teknologi second-chance yang memungkinkan pengguna untuk mengecek sampel darah yang sama dua kali saat dibutuhkan sehingga tidak menghabiskan strip atau waktu untuk melakukannya dari awal.

 

4. Timbangan Pintar

DOK XIAOMI

 

Pegiat olahraga biasanya rutin ke pusat kebugaran untuk berlatih dan mengevaluasi kadar otot dan lemak tubuh. Kini, setelah rutin berolahraga di rumah saja, Anda bisa menimbang badan dengan Xiaomi smart scale yang telah keluar hingga seri ketiga.

Timbangan pintar ini mengukur skala komposisi tubuh Anda, melacak berbagai statistik tubuh saat dipasangkan dengan aplikasi Mi Fit.

Mi Body Composition Scale memiliki layar LED besar, yang menyala saat pengguna menginjakkan kaki dan memiliki setelan kecerahan otomatis yang disesuaikan dengan cahaya sekitar.

Dari aplikasi Mi Fit, timbangan akan memperlihatkan statistik angka berat badan, indeks massa tubuh, lemak tubuh, massa otot, persentase air, massa tulang, lemak visceral, metabolisme basal, dan banyak lagi hingga 16 profil kesehatan. \

Timbangan ini dijual di kisaran Rp300 ribuan.

 

5. Pembasmi Kuman dengan UV-C

DOK HIMAX

 

Sudah lama teknologi sterilisasi dengan sinar UV-C dipakai banyak negara untuk membunuh virus dan mikroba. Sinar UV-C yang dipancarkan oleh Himax Portable UVC Lamp UV-C Sterilizer dikirim mampu membunuh virus bila sinar birunya diarahkan kepada objek yang akan disentuh selama beberapa detik.

Alat berbentuk pipih panjang ini berguna bagi Anda yang mungkin akan memencet tombol pintu lift, duduk di transportasi seperti boncengan ojek, atau bangku pesawat. Barang ini dijual dengan harga Rp600 ribu. (M-2)

Baca Juga

Unsplash/ Allef Vinicus

Studi: Senyum yang Terpaksa Pun Berdampak Positif di Otak

👤Galih Agus Saputra 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:10 WIB
Bahkan senyum yang terpaksa dapat merangsang pusat emosi otak untuk menjaga emosi tetap...
Unsplash/ Tierra Mallorca

Tiga Hal yang Harus Dilakukan Bila Tak akan Miliki Dana Pensiun

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:35 WIB
Tempat tinggal, kebutuhan harian, dan jaminan kesehatan harus direncanakan sejak...
Dok. Instagram @maquinnofficial

Label Adibusana asal Surabaya ini Tampil Milan Fashion Week

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:45 WIB
Maquinn Couture yang berbasis di Surabaya ini akan menghadirkan karya akulturasi budaya Indonesia dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya