Sabtu 08 Agustus 2020, 05:45 WIB

Jatim Capai Angka Kesembuhan Korona di Atas Nasional

BN/HT/JI/AS/DG/YH/LD/N-1 | Nusantara
Jatim Capai Angka Kesembuhan Korona di Atas Nasional

MI/Bagus Suryo
Petugas mengangkut kardus berisi masker bantuan dari berbagai pihak di Pendapa Kabupaten Malang, Jawa Timur, kemarin.

 

JAWA Timur capai angka kesembuhan korona di atas nasional. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan angka kesembuhan 69,38% yang berarti di atas angka nasional 63,7%.

Khofifah mengungkapkan angka kesembuhan di Jatim sebanyak 16.732 orang atau 69,38% dari total kasus update pada Kamis (6/8) sore, yakni mencapai 24.115 orang.

Sementara itu, angka kesembuhan nasional 63,7%. “Jadi, sebetulnya tingkat kesembuhan di Jatim 5,6% di atas nasional,” kata Khofifah saat meluncurkan Gerakan Pakai Masker dihadiri Mendagri Tito Karnavian di Pendapa Kabupaten Malang, Jumat (7/8).

Menurut Khofifah, jika di­bandingkan dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah, angka kesembuhan di Jatim ma­sih lebih baik. Di Jabar, lanjutnya, positif korona mencapai 6.995 orang, tapi yang sembuh 4.252 orang. Di Jateng ada 10.151 kasus, yang sembuh 6.309 orang. “Jadi, tingkat kesembuhan di Jatim empat kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan Jabar,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prano­wo meminta Pemkot Tegal menggencarkan upaya pencegahan penularan covid-19 menyusul ditemukannya 26 kasus positif di wilayah itu. Ganjar mengatakan Dinas Kesehatan Jateng siap membantu menggelar tes PCR sebagaimana dilakukan di Banyumas, Wonosobo, Wonogiri, dan Jepara.

Dari tes yang dilakukan di Kota Tegal sejak 30 Juli hingga 5 Agustus 2020, tercatat sebanyak 26 orang dari 300 yang dites terkonfirmasi positif covid-19. “Adanya pandemi ini kita saling bantu. Pemprov Jateng akan membantu melakukan tes di daerah-daerah,” kata Ganjar, Jumat (7/8).

Hasil swab test di lingkungan DPRD Jepara juga mengagetkan dengan ditemukannya tujuh orang terkonfirmasi positif pascameninggalnya Ketua DPRD Jepara Imam Zuhdi Gozali akibat covid-19. Kantor DPRD Jepara diputus­kan ditutup hingga Selasa (11/8) untuk disterilisasi.

Kasus positif covid-19 di Sumatra Barat juga meletup akhir-akhir ini. Kemarin, sebanyak 47 orang terkonfirmasi positif dan semua tanpa gejala.

Dalam upaya membendung penularan virus korona, Pasar Manis, Purwokerto, Jateng, berinovasi mengeluarkan uang steril. Inovasi itu mendapat penghargaan dan Pasar Manis dinyatakan sebagai pasar tradisional paling inovatif oleh pihak Kemendagri. (BN/HT/JI/AS/DG/YH/LD/N-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Sambut HUT TNI, Kodim Klaten Bagi Sembako ke Warga Lereng Merapi

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 30 September 2020, 06:15 WIB
Pemberian bantuan sembako, lanjut Dandim, merupakan bentuk kedekatan jajaran TNI Kodim 0723 Klaten dengan warga terpencil di Dukuh...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Harga Minyak Nabati Global Turun Picu Turunnya Harga Sawit Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 06:06 WIB
Harga minyak nabati global turun. Hal itu membuat harga sawit Riau ikut merosot. Pemicu lainnya situasi politik di Malaysia ikut...
ANTARA

Kuasa Hukum PT GWP Minta Lelang Hotel Kuta Paradiso Dibatalkan

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 30 September 2020, 05:39 WIB
Rencananya pengadilan Denpasar akan melelang  lahan yang kini telah dibangun Hotel Kuta Paradiso di Kuta, Bali pada 6 Oktober...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya