Sabtu 08 Agustus 2020, 01:16 WIB

Jatim Disarankan Miliki Alat PCR di Setiap Kabupaten/Kota

Bagus Suryo | Nusantara
Jatim Disarankan Miliki Alat PCR di Setiap Kabupaten/Kota

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur disarankan untuk segera membeli peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk setiap kabupaten/kota mengingat tingginya kasus virus korona baru (covid-19) di Jatim.

"Kami menyarankan agar Gubernur Khofifah Indar Parawansa membeli peralatan PCR dan memiliki labotatorium sendiri di daerah," tegas Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat peluncuran gerakan 26 juta masker di Pendapa Kabupaten Malang, Jumat (7/8).

Menurut Tito, laboratorium PCR diperlukan agar ada banyak warga yang menjalani swab. Dengan adanya peralatan PCR sendiri nanti memang akan ada banyak temuan kasus baru. Namun, temuan kasus baru itu bisa ditangani segera. "Mungkin angkanya bisa tinggi, akan tetapi yang positif bisa segera dipisahkan," katanya.

Sejauh ini wabah covid-19 sudah menginfeksi 34 provinsi di lebih dari 400 kabupaten/kota. Menurut Tito, angka kesembuhan di Jatim tertinggi di Pulau Jawa.

Namun, harus realistis bahwa kasus korona di Jatim masih tinggi. Bahkan, angka kematian di Jatim 7,5%, atau nomor dua nasional.

Karena itu berbagai upaya harus dilakukan mulai pemulihan ekonomi bersamaan dengan kesehatan. Menurut Tito, semua negara kewalahan menangani pandemi covid-19. Pencegahan dan pengobatan sudah dilakukan agar dampak wabah tidak menimbulkan efek domino mengarah ke krisis ekonomi.

Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan penanganan wabah covid-19 sudah dilakukan melalui kerja keras, dedikasi tinggi dan profesional. Hasilnya banyak kemajuan, angka kesembuhan di Jatim sebanyak 16.732 orang atau 69,38% dari total kasus positif update Kamis (6/8) sore, mencapai 24.115 orang.

Sedangkan angka kesembuhan nasional 63,7%. "Jadi sebetulnya tingkat kesembuhan di Jatim 5,6% di atas nasional," kata Khofifah. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Adwit B Pramono

Diresmikan, Tol Manado-Bitung Ditetapkan Rp1.100

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 00:02 WIB
Kementerian PUPR juga sementara ini membangun akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa...
Ilustrasi

Sembilan Bulan, DBD Pekanbaru Capai 464 Kasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:46 WIB
Dinkes Kota Pekanbaru, mencatat selama periode Januari-September 2020 tercatat sebanyak 464 kasus DBD atau hanya terjadi satu penambahan...
ANTARA FOTO/HO-Diskominfo Lumajang

AWR Pandanwangi Lumajang Direncanakan Jadi Wisata Militer

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 23:40 WIB
AWR Pandanwangi dijadikan tempat berlatih & menguji keterampilan alutsista, sehingga Pemkab Lumajang menganggap kekuatan TNI AU harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya