Sabtu 08 Agustus 2020, 00:43 WIB

Pemkab Sleman Gencarkan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan

Agus Utantoro | Nusantara
Pemkab Sleman Gencarkan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Sleman, DIY makin menggencarkan edukasi kepada masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19 dan  selalu menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, beberapa hari terakhir di  Kabupaten Sleman mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan. Karena itu, lanjutnya, harus terus ada edukasi agar  masyarakat terus mengingat dan memahami, bahwa virus korona itu masih  ada di sekitar kita.

"Juga harus melawan lupa, bahwa pencegahan penularan itu salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan dan PHBS," katanya di sela-sela
pembagian masker di Denggung, Sleman, Jumat (7/8).

Sri Purnomo mengatakan, secara umum masyarakat Sleman memang sudah sadar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Namun demikian, edukasi terus menerus harus tetap dilakukan. "Jangan sampai lupa, covid-19 masih ada di sekitar kita," katanya.

Pemkab Sleman, lanjutnya, akan lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat. Sedangkan sanksi bagi pelaku pelanggaran pemakaian masker, Bupati menyebut sedang disiapkan berupa sanksi sosial. "Misalnya membersihkan lingkungan, atau kerja sosial lainnya,"katanya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, membagikan masker di Pasar Tanjung dan Pasar Kliwon, Berbah. Menurutnya, kesadaran pengggunaan masker oleh pedagang dan pengunjung pasar cukup bagus. "Namun kesadaran untuk jaga jarak masih harus terus disosialisasikan kepada pengunjung pasar," katanya.

Politisi NasDem ini meminta pedagang turut aktif memberikan edukasi kepada pembeli terkait protokol kesehatan yang harus dipatuhi di dalam pasar. "Tidak cukup hanya menyediakan tempat cuci tangan dan kelengkapannya, tapi juga harus turut memberikan edukasi kepada pembeli agar selalu memakai masker dan jaga jarak fisik," katanya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Tol Pertama Hadir di Ujung Utara

👤Pra/VL/HT/DW/N-3 🕔Rabu 30 September 2020, 04:20 WIB
Kemarin, Presiden Joko Widodo membukanya secara virtual. Dengan jalan tol, dia optimistis kegiatan ekonomi di kawasan itu akan berkembang...
ilustrasi

Polres Madiun Bekuk Pelaku Penggelapan 11 Mobil

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 September 2020, 04:16 WIB
"Modusnya, tersangka menyewa kendaraan dari perseorangan, kemudian digadaikan sebagai kendaraan milik...
ANTARA FOTO/Syaiful Arif

Kegiatan di Pondok Pesantren Dihentikan

👤UL/HT/FL/AS/LN/RS/N-2 🕔Rabu 30 September 2020, 04:00 WIB
“Sebelumnya, mereka harus dites usap. Yang sehat segera dikembalikan ke orangtua, yang positif diisolasi di pondok sampai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya