Sabtu 08 Agustus 2020, 00:10 WIB

Tekad Rino Guncang Camp Nou

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Tekad Rino Guncang Camp Nou

AFP
Pelatih Napoli Gennaro Gattuso

 

GENNARO ‘Rino’ Gattuso bertekad mengukir sejarah bersama Napoli di kancah Liga Champions Eropa musim ini kendati harus melawat ke markas Barcelona, Stadion Camp Nou, dini hari nanti.

Laga kedua babak 16 besar ajang antarklub terelite ‘Benua Biru’ menjadi penentu setelah kedua tim berbagi skor 1-1 pada bentrok pertama di Stadion San Paulo, Februari silam.

Napoli, klub Italia selatan, datang dengan harapan meraih prestasi tertinggi lolos untuk pertama kali ke babak delapan besar Liga Champions Eropa. “Kami tentu ingin menulis halaman penting dalam sejarah kami,” kata Gattuso yang pernah dua kali memenangi trofi Liga Champions Eropa.

Hanya saja, Rino sadar tampil di delapan besar itu bahkan tidak pernah mampu diraih klub tersebut ketika masih dibela superstar Argentina, Diego Armando Maradona. Belum lagi catatan Barca yang tidak pernah kalah di kandang sendiri sepanjang tujuh tahun terakhir berkiprah di Liga Champions.

“Kami akan bermain di panggung level tinggi dan layak untuk itu. Kami tahu bahwa jika kami ingin bersaing melawan Barcelona, kami harus mengambil risiko,” jelas mantan gelandang bertahan timnas Italia itu.

Gattuso menaruh perhatian ke Messi dalam pertandingan tersebut. Pesepak bola asal Argentina itu dinilai akan sangat sulit dihentikan. Apalagi, dalam empat musim terakhir, pemain berjuluk La Pulga itu selalu berhasil membukukan gol di babak 16 besar. 

Dari total 46 gol yang dicetak Messi pada fase knock-out, 26 di antaranya di babak 16 besar. “Anda cuma bisa menjaganya di mimpi atau saat saya main Playstation melawan anak saya,” kelakar Gattuso.

“Kami siap menghadapi Barcelona. Kami punya gaya kami, kami siap. Namun, mereka punya satu pemain bernama Messi yang bisa meninggalkan sepuluh pemain,” tambah mantan pemain AC Milan itu.

Di laga itu, Napoli kemungkinan tanpa bomber tajam Lorenzo Insigne yang masih cedera paha. Posisi penyerang bakal diisi Dries Mertens dengan dukungan midfielder Spanyol Fabian Ruiz.

Laga lain di Muenchen, Jerman, Bayern Muenchen bakal tampil dominan saat menjamu Chelsea, dini hari nanti. Keunggulan 3-0 di leg pertama membuat anak asuh Hansi Flick berada di atas angin.

Apalagi, the Blues julukan Chelsea diterpa krisis pemain sehingga pelatih Frank Lampard membawa pemainpemain muda. Cesar Azpilicueta, Christian Pulisic, Pedro, dan Billy Gilmour dibekap cedera dan Marcos Alonso serta Jorginho terkena akumulasi kartu.

Kendati demikian, Hansi Flick menolak pandangan timnya sudah berada di Lisabon, Portugal--tempat laga delapan besar hingga final. “Kami sepenuhnya fokus lawan Chelsea. Leg kedua ini harus kami lewati.”


Liga Europa

Di ajang Liga Europa, Sevilla memastikan tempat di delapan besar setelah mengalahkan AS Roma 2-0 di Duisburg, Jerman, kemarin dini hari.

Gol Sergio Reguilon pada menit ke-22 dan Youssef En Nesyri pada satu menit sebelum jeda mengantar Sevilla jumpa Wolverhampton untuk berebut tiket semifinal, Rabu
(12/8) nanti.

Lolos pula Bayer Leverkusen Jerman dan Basel Swiss. Di perempat final, Leverkusen jumpa Inter Milan, Selasa (11/8), dan Basel bertemu Shakhtar Donetsk, Rabu (12/8). Satu partai lagi, yakni Manchester United bentrok dengan Copenhagen, Selasa (11/8). (AFP/Goal/R-2)
 

Baca Juga

JORGE GUERRERO/AFP

Real Madrid Masuk Lima Besar Klasemen Liga Spanyol

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 07:01 WIB
Real Madrid masuk lima besar Liga Spanyol setelah menang skor 3-2 melawan Real Betis. Pertandingan ini diwarnai kartu merah, gol bunuh diri...
AFP/Justin Setterfield

Everton Kembali Duduki Puncak Klasemen Liga Inggris

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 06:30 WIB
Everton kembali menduduki puncak klasemen Liga Inggris sementara setelah memenangi laga pekan ketiga melawan Crystal Palace di...
AFP/JOHN SIBLEY

Penalti Telat Fernandes Penentu Kemenangan MU

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 27 September 2020, 05:43 WIB
Bola yang menyentuh tangan Neal Maupay menjadi petaka bagi Brighton kendati wasit Chris Kavanagh sudah meniup peluit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya