Sabtu 08 Agustus 2020, 06:05 WIB

Yuk, Beli Buku Lokal Bertabur Diskon!

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Yuk, Beli Buku Lokal Bertabur Diskon!

Kemenparekraf
Program Beli Buku Lokal

 

SELAMA pembatasan sosial berskala besar (PSBB) banyak toko buku yang tutup dan masyarakat belum leluasa melakukan kegiatan di luar rumah, termasuk berbelanja di toko buku. Hal ini sangat memengaruhi industri penerbitan.

Hal itu ditambah lagi dengan adanya pelanggaran hak cipta melalui penjualan buku mereka di loka pasar dan pembagian PDF buku secara gratis.  Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) meluncurkan program Beli Buku Lokal.

"Program ini melibatkan empat marketplace yakni Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli serta 82 penerbit," kata Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Jumat (7/8).

Ia mengungkapkan, program ini digelar untuk memberikan insentif kepada masyarakat yang gemar membaca buku serta memberikan manfaat bagi para pelaku kreatif di industri penerbitan. Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan menghilangkan budaya membajak buku.

"Program Beli Buku Lokal sudah dijanjikan menjual buku yang original. Jadi ini diberikan kemudahan dan ada insentifnya akan diberikan langsung ke pembelinya baik berupa diskon harga atau bebas ongkir. Semoga program ini memberikan hasil yang luar biasa dan tetap menjaga kreatifitas daripada para penulis dan penerbit,” kata Nia.

Ketua Umum IKAPI Rosidayati Rozalina berharap program ini bisa mengatasi masalah penurunan penjualan yang dihadapi para penerbit selama pandemi covid-19.

Menurut Ketua Panitia Beli Buku Lokal Bien Pasaribu, program ini berlangsung pada 7 Agustus-7 September 2020. Selama periode ini masyarakat dapat membeli buku orisinil secara daring di keempat loka pasar dengan harga yang murah dan terjangkau.

Beberapa penawaran menarik yang disediakan bagi pembeli antara lain bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan diskon sebesar 40%-80%. “Ke-82 penerbit akan menampilkan beragam buku terbaru dan terlaris dengan jumlah 100 ribu judul dengan stok di atas 1 juta eksemplar,” tandasnya. (H-2)

Baca Juga

Medcom.id

Tenaga Kesehatan Target Vaksinasi

👤Ins/BY/X-3 🕔Rabu 30 September 2020, 05:46 WIB
Untuk kuartal keempat 2020, pemerintah menerima vaksin Sinovac dan Sinopharm sebanyak 36 juta dosis. Sebagian datang November. Kalau sampai...
Dok. Pribadi

Hari Aksara Internasional, Momentum Tingkatkan Melek Huruf

👤Syarief Oebbaidillah 🕔Rabu 30 September 2020, 04:15 WIB
Saat ini di Indonesia, sekitar 1,78 persen warga negaranya masih buta huruf dan yang terbanyak berada di daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan...
Instagram @ROSES_ARE_ROSIE

Rose Blackpink Menerjemahkan Pesan Lagu

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 30 September 2020, 03:45 WIB
ANGGOTA girl band Blackpink, Rose, 23, mengaku ketika pertama kali berkolaborasi dengan anggota Big Bang G Dragon menyanyikan Without...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya