Jumat 07 Agustus 2020, 22:37 WIB

Sebaiknya Tunda Dulu Menyapih Anak Selama Pandemi, Ini Alasannya

Astri Novaria | Humaniora
Sebaiknya Tunda Dulu Menyapih Anak Selama Pandemi, Ini Alasannya

Medcom.id
Ilustrasi Ibu Menyusui

 

KETUA Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar menyarankan kepada ibu yang berencana menyapih buah hatinya di masa pandemi sebaiknya menunda dulu. Apa alasannya?

"Sebaiknya ditunda sampai pandemi Covid-19 berakhir. Ini penting untuk kita tetap menyusui karena masih banyak antibodi yang baik untuk anak. Jadi sebaiknya setop dulu penyapihan," ujar Nia saat berbincang dengan Media Indonesia di program Nunggu Sunset spesial Pekan ASI Sedunia 2020, Kamis (6/8).

Baca juga: Ibu Menyusui, Ayah bisa Bantu Apa?

Lebih lanjut, Nia juga memberi tips untuk para calon ibu yang akan melahirkan di masa pandemi Covid-19 agar tetap tenang dan meminta dukungan dari pasangan selama proses persalinan, berbicara dengan tenaga kesehatan jelang persalinan hingga mempelajari protokol kesehatan yang berlaku di tempat di mana sang ibu melahirkan.

"Dan sebisa mungkin usahakan lahir normal supaya tidak ada intervensi medis yang ribet karena operasi akan menambah tantangan berikutnya. Tak kalah penting adalah mencari bantuan kalau ada masalah dalam proses menyusui. Jadi mulai dari sekarang sudah dicatat harus ke mana menghubungi," paparnya.

Bagi ibu yang terinveksi Covid-19, Nia pun meminta agar sang ibu tidak panik, sebab berdasarkan panduan dari WHO, apabila kondisi fisik ibu baik maka tidak ada halangan untuk memberikan ASI kepada bayinya.

"Kalau ibunya tidak terlalu lemas dan bisa beraktivitas harus menjaga kerbersihan lebih ekstra, rajin cuci tangan, dan tetap bisa menyusui dengan catatan selalu pakai masker saat bersama bayi. Tapi kalau ibunya terlalu payah kondisi fisiknya masih boleh diperah ASI-nya," terangnya.

Sebab, kata Nia, hingga saat ini dari banyak penelitian tidak ada transmisi Covid-19 melalui ASI. Oleh karena itu, Nia selalu menyemangati untuk para ibu agar selalu berusaha sebaik mungkin untuk dapat mengASIhi buah hatinya.

"Menyusui itu bekal yang tak tergantikan buat kita sebagai ibu karena banyak risiko kesehatan yang berkurang. Buat anak, jelas banyak sekali manfaatnya hingga dapat mengurangi risiko lebih rendah terkena penyakit degeneratif," pungkasnya.

 

(OL-6)
 

Baca Juga

Medcom.id

Tenaga Kesehatan Target Vaksinasi

👤Ins/BY/X-3 🕔Rabu 30 September 2020, 05:46 WIB
Untuk kuartal keempat 2020, pemerintah menerima vaksin Sinovac dan Sinopharm sebanyak 36 juta dosis. Sebagian datang November. Kalau sampai...
Dok. Pribadi

Hari Aksara Internasional, Momentum Tingkatkan Melek Huruf

👤Syarief Oebbaidillah 🕔Rabu 30 September 2020, 04:15 WIB
Saat ini di Indonesia, sekitar 1,78 persen warga negaranya masih buta huruf dan yang terbanyak berada di daerah 3 T (Terdepan, Terluar dan...
Instagram @ROSES_ARE_ROSIE

Rose Blackpink Menerjemahkan Pesan Lagu

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 30 September 2020, 03:45 WIB
ANGGOTA girl band Blackpink, Rose, 23, mengaku ketika pertama kali berkolaborasi dengan anggota Big Bang G Dragon menyanyikan Without...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya