Jumat 07 Agustus 2020, 19:26 WIB

Penyidikan Surat Jalan Usai, Joko Tjandra Balik ke Rutan Salemba

Yakub Pryatama Wijayaatmadja | Politik dan Hukum
Penyidikan Surat Jalan Usai, Joko Tjandra Balik ke Rutan Salemba

MI.Fransisco Carolio Hutama Gani
Joko S Tjandra saat diekstradisi dari Malaysia

 

TIM penyidik Bareskrim Polri tengah melakukan penyidikan terhadap proses pembuatan surat jalan dan penggunaannya untuk Joko Tjandra.

Dari hasil pemeriksaan secara intensif, kasus penghapusan red notice Joko telah dinaikkan ke tahap penyidikan terkait menggunakan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Setelah melakukan rapat koordinasi dengan tim penyidik, Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan pemeriksaan Joko untuk sementara dirasa cukup oleh penyidik.

“Oleh karena itu, selanjutnya kami berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) untuk penempatan Joko selanjutnya,” tutur Listyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (7/8).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Reynhard Silitonga, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima kembali Joko dan akan ditempatkan kembali di Rutan Salemba.

Baca juga : Dugaan Gratifikasi Jaksa Pinangki Tahap Penyidikan

“Joko akan ditempatkan kembali di Rutan Salemba dan kami akan pindahkan untuk menjalani pidananya di Salemba sebagai warga binaan di lembaga pemasyarakatan Salemba,” tutur Reynhard.

Sebelumnya, tim penyidik akhirnya memeriksa eks pengacara terpidana perkara korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali, Joko Tjandra, Anita Kolopaking, untuk diperiksa sebagai tersangka di Mabes Polri, Jumat (7/8). 

Anita sempat mangkir dari panggilan pertama tim penyidik Bareskrim dengan alasan sedang berada di kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Seperti diketahui, Anita yang diduga membantu pembuatan surat sakti Joko Tjandra resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Ditipidum Bareskrim Polri pada Kamis (30/7) silam. (OL-7)

Baca Juga

MI/VICKY GUSTIAWAN

Semua Keputusan Pasti Ada Risikonya

👤Fer/X-4 🕔Rabu 30 September 2020, 06:37 WIB
Intervensi yang telah dilakukan terhadap 8 provinsi dan ditambah dua provinsi, yaitu Bali dan Aceh ada peningkatan angka ke sembuhan, itu...
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi/BNPB/Tim Riset MI-NRC

Uji Komando Duo Jenderal

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 September 2020, 06:23 WIB
Masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam mencegah penularan...
Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo

Bareskrim dan JPU akan Gelar Perkara Kebakaran

👤Ykb/P-5 🕔Rabu 30 September 2020, 06:11 WIB
Penyusunan bahan paparan dilakukan guna penyidik dapat melaksanakan ekspose bersama yang rencananya akan dilaksanakan pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya