Jumat 07 Agustus 2020, 19:08 WIB

Gubernur Ganjar Minta Tegal Masifkan Tes PCR

Haryanto | Nusantara
Gubernur Ganjar Minta Tegal Masifkan Tes PCR

Antara
Ruang kelas yang kosong di SMPN 10 Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (6/8).

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kota Tegal menggencarkan upaya pencegahan penularan covid-19, salah satunya dengan melakukan tes usap berbasis pemeriksaan PCR secara massal. Langkah itu dilakukan menyusul ditemukannya 26 kasus positif covid-19 baru di wilayah itu.

Ganjar mengatakan, Dinas Kesehatan Jateng sudah membantu melakukan tes PCR di berbagai daerah, antara lain di Banyumas, Wonosobo, Wonogiri, dan Jepara.

Baca juga: Positif Covid-19 Tegal Melonjak, Lomba Agustusan Ditiadakan

Dari tes yang dilakukan di Kota Tegal sejak 30 Juli hingga 5 Agustus, tercatat sebanyak 26 orang terkonfirmasi positif covid-19. Jumlah tersebut ditemukan dari tes yang dilakukan terhadap sekitar 300 orang.

"Masih ada 200-an yang belum keluar hasilnya. Mudah-mudahan hari ini keluar dan tidak ada penambahan positif covid-19 ĺagi. Adanya pandemi ini kita saling bantu, Pemprov akan membantu melakukan tes di daerah-daerah," kata Ganjar di Semarang, Jumat (7/8).

Sejak 4 Juli, Kota Tegal berstatus zona hijau tanpa penambahan kasus positif, pasien dalam pengawasan (PDP), maupun orang dalam pemantauan (ODP).

Setelah Dinas Kesehatan Jawa Tengah turun langsung melakukan tes PCR terhadap ratusan warga, diketahui ada warga terkonfirmasi positif covid-19.

"Kita sudah komunikasi dengan wali kota dan wakil wali kota, ayo Kota Tegal semuanya ditata kembali, waspada lagi, dikuatkan lagi Tim Gugus Tugas, sosialisasi lagi. Tes jangan berhenti dulu, kalau perlu tesnya ditambahi. Jangan sampai, sudah bagus ternyata tiba-tiba ada kasus positif covid-19 karena kita tidak ada tes secara intens," ujar Ganjar.(X-15)

Baca Juga

MI/Tosiani

Katrol Harga Sayuran, Kelompok Wanita Tani Buka Pasar Tani

👤Tosiani 🕔Senin 28 September 2020, 06:33 WIB
Untuk mengatrol harga sayuran di Temanggung yang kini jatuh, Kelompok Wanita Tani Usaha Maju berinsiatif membentuk pasar tani. Fungsinya...
Ilustrasi

Bawaslu Mamuju Diminta Tindak ASN Berpolitik

👤Antara 🕔Senin 28 September 2020, 06:10 WIB
Penjabat Bupati Mamuju Wahab Hasan Sulur meminta Bawaslu menindak dan mencegah ASN berpolitik saat Pilkada. Ia melihat ada potensi ASN ikut...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.

Promosi Wisata tidak Berhenti

👤(BY/AU/DY/N-2) 🕔Senin 28 September 2020, 05:40 WIB
DEDI Taufik tidak lagi berharap bisa bertemu turis asing di sejumlah objek wisata di Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya