Jumat 07 Agustus 2020, 18:24 WIB

Tahun Ini, DKI Targetkan Distribusi 23 Ribu Kartu Pekerja 

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tahun Ini, DKI Targetkan Distribusi 23 Ribu Kartu Pekerja 

Antara/Muhammad Adimaja
Penumpang KRL commuter line menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah meluncurkan program Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) sejak Februari 2018. Tahun ini, Pemprov DKI menagrtekan penyaluran 23 ribu KPJ untuk pekerja di Ibu Kota.

KPJ bertujuan meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dengan meringankan beban biaya transportasi, pangan dan pendidikan. Ada beberapa manfaat penting bagi pekerja/buruh, seperti pangan murah dengan menjadi member JakGrosir. Kemudian, gratis naik transportasi umum, seperti TransJakarta, serta mendapat fasilitas KJP Plus bagi anak pekerja yang mendapat KPJ.

“Untuk hal-hal yang sifatnya membantu langsung ke pekerja tidak dihilangkan, karena pengurangan anggaran dampak covid-19," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI, Andri Yansyah, dalam keterangan resmi, Jumat (7/8).

Baca juga: PKS: Jika Gagal Tekan Mobilitas, Gage Harus Dibatalkan

Sejauh ini, pihaknya juga merancang beberapa program dalam rangka peningkatan kesejahteraan pekerja. “Kita merancang Jakpreneur. Untuk yang sudah dilatih, kita akan tingkatkan ke pelatihan e-order,” jelasnya.

“Seharusnya bisa langsung pesan semua makanannya dari serikat pekerja yang kita latih di Jakpreneur. Namun karena covid-19, semua terhambat dan ditunda dulu,” imbuh Andri.

Pihaknya bersama FSPMI juga telah merintis hadirnya Koperasi Metal Maju Bersama (KMMB), yang diluncurkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Agustus 2019 silam.

Baca juga: Dongkrak Ekonomi Kuartal III, Pemerintah Percepat Dana Bansos

“Kami sedang menyusun program untuk 2021. Setiap program dipastikan melibatkan Tim P3KP, yaitu tim Percepatan Pengembangan Program Kesejahteraan Pekerja. Kalau ke depan situasi covid-19 sudah terkendali, kami akan intensifkan lagi peningkatkan kesejahteraan pekerja,” tegas Andri.

Pemprov DKI Jakarta terus memperkuat kemitraan strategis dengan setiap elemen masyarakat di tengah pandemi covid-19. Termasuk, bekerja sama dengan kelompok serikat pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Dhemas Reviyanto

Pengungsian Banjir Dibuat Sesuai Protokol Kesehatan

👤Yanti Nainggolan 🕔Rabu 30 September 2020, 10:32 WIB
Akan dipasang lebih banyak tenda di lokasi pengungsian yang umumnya hanya menggunakan satu tenda besar. Tujuannya agar protokol kesehatan...
ANTARA/Aprillio Akbar

PSBB: 709 Perusahaan Disidak, 123 Perusahaan Ditutup Sementara

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 10:27 WIB
"Ada 123 perusahaan yang ditutup. Sebanyak 77 perusahaan ditutup karena ada karyawan yang terpapar...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

DPRD Minta Ada Kesepakatan Antarkepala Daerah Terkait PSBB

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 30 September 2020, 09:54 WIB
Banyak warga DKI Jakarta mencari hiburan ke wilayah penyangga atau Bodetabek selama PSBB Jilid...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya